Cara Membuka File EPUB di Windows 10

By | January 28, 2020
Cara Membuka File EPUB di Windows 10

Setelah Microsoft menyelesaikan Microsoft Edge baru dengan basis Chromium dan meninggalkan Microsoft Edge lama, mereka memutuskan juga untuk tidak memberikan dukungan file EPUB ke Microsoft Edge Chromium.

Hal ini akan membuat sobat untuk perlu mencari aplikasi pihak ketiga untuk membaca file EPUB ini di Windows 10. Dan pada artikel saya kali ini, saya akan membahas beberapa pilihan aplikasi yang dapat sobat gunakan.

Apa Yang Terjadi Diantara File EPUB dan Microsoft Edge?

Microsoft dulunya menjual buku digital dengan format EPUB di Microsoft Store mereka. Mereka kemudian menjadikan Microsoft Edge sebagai aplikasi yang digunakan untuk membaca file EPUB tersebut.

Lalu setelah kurang lebih setahun yang lalu setelah Microsoft mengumumkan kalau mereka akan membangun Microsoft Edge dari awal dengan basis Chromium.

Ada beberapa orang di masa beta ini yang meminta Microsoft untuk memasukkan dukungan EPUB di Microsoft Edge terbaru juga.

Tetapi sayangnya di bulan Juli 2019, Microsoft ternyata memutuskan untuk berhenti menjual buku digital di Microsoft Store. Selain itu mereka juga mengembalikan uang dari semua orang yang membeli buku dari Microsoft Store.

Setelah Microsoft tidak lagi menjual buku digital, tentu mereka tidak melihat perlunya dukungan EPUB lagi di Microsoft Edge Chromium. Setelah sobat menginstall browser versi baru ini, sobat tidak akan bisa lagi membuka file EPUB di Windows 10 tanpa mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Hal ini menurut saya sangat disayangkan sekali. Saya sendiri sering menggunakan Microsoft Edge lama untuk membuka file EPUB saya di komputer.

Menurut saya fitur dark mode mereka sangat membantu saya untuk membaca. Selain itu mereka juga punya fitur yang bernama Immersive Reader yang sangat membantu saya dalam mengetahui apa makna dari kata-kata dalam Bahasa Inggris yang tidak saya mengerti.

Rekomendasi Aplikasi Pembaca EPUB di Windows 10

Jadi saya juga berada di situasi yang sama dengan sobat sekalian, mencari alternatif yang cocok untuk membuka dan membaca buku digital dengan format EPUB di Windows 10.

Dan saya menemukan beberapa kandidat yang mungkin akan cocok dengan sobat sekalian.

1. Calibre

Aplikasi pembaca EPUB, Calibre.

Calibre adalah aplikasi yang mengurus masalah buku digital, yang gratis, tetapi sangatlah kuat. Calibre juga mendukung buku digital dengan format EPUB dan juga beberapa format buku digital populer lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, sobat akan mendapatkan beberapa fitur menarik, antara lain:

  • Sobat dapat mengurus koleksi buku digital sobat di Calibre, yang membuat Calibre akan terlihat seperti rak buku digital.
  • Sobat juga bisa mengedit tag yang ada di buku digital sobat, seperti judul, nama pengarang, tahun, penerbit, dan lain-lain.
  • Calibre juga punya fitur de-DRM yang membuat sobat bisa membaca buku digital sobat yang terkunci dengan DRM di aplikasi lain.
  • Calibre juga punya fitur konversi yang mampu mengubah buku digital dengan format tertentu menjadi format yang lain.
  • Dan masih banyak lagi fitur yang bisa sobat jelajahi di sana.

2. Sumatra PDF

Sumatra PDF, aplikasi untuk membaca EPUB.

Aplikasi rekomendasi yang kedua adalah Sumatra PDF. Sumatra PDF ini sendiri bisa dibilang berlawanan dengan Calibre. Ukuran aplikasi yang kecil, dan ringan. Sumatra PDF bisa membaca buku digital dengan format EPUB dan MOBI begitu pula dengan file PDF, XPS, dan bahkan buku komik digital dengan format CBZ dan CBR.

Sumatra PDF juga bisa digunakan di mode portable, membuat sobat bisa membawa meletakkan aplikasi ini di flashdisk dan menjalankan aplikasi ini tanpa perlu untuk menginstallnya sama sekali.

3. Ekstensi EPUBReader untuk Google Chrome

Ekstensi EPUBReader untuk membaca EPUB di Google Chrome.

Jika sobat lebih memilih untuk membaca file EPUB di browser sobat, maka sobat mungkin bisa mencoba untuk menggunakan ekstensi browser seperti EPUBReader.

Sobat tinggal install ekstensi tersebut di Google Chrome sobat, dan sobat akan bisa membuka file EPUB langsung di browser sobat.

Microsoft Edge terbaru sendiri memiliki basis Chromium yang sama dengan Google Chrome, yang membuat sobat dapat memasang ekstensi EPUBReader ini di Edge.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *