Cara Membuat Tema Chrome Sobat dengan Mudah

Cara Membuat Tema Chrome Sobat dengan Mudah

Versi Chrome ke-77 memungkinkan sobat untuk menciptakan atau membuat tema sobat sendiri dengan mudah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat tema chrome sobat dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Alat Kostumisasi Terbaru

Fitur ini sendiri sayangnya tidak aktif secara default di Chrome 77, oleh karena itu perlu sobat aktifkan secara manual. Untungnya untuk mengaktifkan fitur tersebut tidaklah susah. Segampang sobat membuat tema Chroeme sobat ketika diaktifkan.

Pertama

Sobat akses chrome://flags di tab terbaru, untuk mengaksesnya cukup sobat ketik saja tulisan tersebut di kotak alamat tempat sobat biasa mengetikkan alamat website sobat.

ketik chrome://flags, lalu ketik NTP di kotak pencarian, gunanya supaya sobat bisa membuat tema

Setelah halaman experimental sudah sobat akses, berikutnya sobat ketik NTP di kotak pencarian seperti gambar di atas ini.

Kedua

Nantinya akan muncul beberapa hasil pencarian. Yang perlu sobat lakukan berikutnya adalah sobat nyalakan atau enabled dua pilihan, yaitu Chrome Colors menu dan NTP customization menu version 2. Seperti gambar di bawah ini.

nyalakan atau enabled pada chrome colors menu dan NTP customization menu version 2

Ketiga

Setelah kedua menu tersebut sobat nyalakan atau enabled, seperti biasa akan muncul peringatan dengan tombol biru bertuliskan Relaunch Now. Sobat cukup tekan tombol tersebut seperti gambar di bawah ini, untuk membuka ulang Chrome sobat.

tekan tombol Relaunch Now yang muncul.

Keempat

Selamat! Fitur ini sukses sobat nyalakan!

Cara Membuat Tema di Chrome Sobat

Meskipun tema yang tersedia di Chrome masih bisa sobat gunakan, dan jauh lebih menarik, tetapi jumlahnya tidak banyak dan beberapa malah berbayar. Setelah fitur tersebut sobat aktifkan, sobat sudah siap untuk membuat tema di Chrome sobat.

Pertama

Sobat buka tab baru. Nanti sobat akan menemukan tombol bertuliskan Customize yang berada pada pojok kanan bawah seperti gambar di bawah ini. Sobat tekan tombol tersebut.

buka tab baru, lalu tekan tombol Customize yang ada di pojok kanan bawah. Untuk membuat tema.

Kedua

Pada menu Background. Di sini sobat bisa memilih gambar yang bisa digunakan untuk Background sobat.

menu background untuk mengatur background

Sobat bisa pilih gambar yang tersedia di Chrome, maupun bisa menggunakan gambar sobat sendiri dengan menekan tombol Upload from device.

pilih background yang sobat inginkan

Ketiga

Kemudian sobat akses menu Shortcut yang ada di bagian kiri, tepatnya di bawah Background.

menu shortcut yang bisa sobat gunakan untuk mengatur shortcut ketika tab baru.

Pada menu ini sobat bisa memilih apakah jalur pintas yang sobat pakai diambil dari yang sobat pilih sendiri, ataupun website yang sering sobat akses. Sobat juga bisa menghilangkannya pada bagian Hide shortcuts, jika sobat merasa bahwa hal ini tidak diperlukan.

Keempat

Masuk ke menu terakhir yaitu Color and theme. Pada menu ini sobat bisa memilih warna utama pada Chrome sobat. Chrome sendiri sudah menyediakan pilihan warna yang bisa sobat gunakan seperti gambar di bawah ini. Sobat hanya cukup memilih saja yang sobat inginkan.

menu Color untuk mengubah warna dasar di Chrome sobat

Kelima

Selesai!

Kesimpulan

Membuat tema atau mengubah tampilan di Chrome 77 bisa sobat lakukan. Meskipun tidak semewah tema-tema yang sobat temukan, tetapi cukuplah apabila untuk sebatas tampilan dasar. Dengan langkah di atas sobat akan bisa mempercantik tampilan dari Chrome sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here