Cara Membuat SSH Gratis dengan Mudah

By | June 5, 2019
Cara membuat ssh gratis dengan mudah

SSH, biasanya sering digunakan oleh banyak orang pada zaman gretongan. Saya sendiri juga dulu sering sekali menggunakan SSH ini. Biasanya, SSH premium sering sekali dijual orang dengan tempo satu bulan. Tetapi sebenarnya ada cara untuk membuah SSH gratis dengan mudah, dan pada artikel ini akan saya bahas cara tersebut.

Cara Membuat SSH Gratis

Terdapat dua website yang bisa kita gunakan untuk memperoleh SSH gratis. Yang pertama adalah fastssh dan yang kedua adalah SSHkit. Dalam artikel ini saya akan membahas kedua buah website tersebut dan juga kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Membuat SSH dengan fastssh

Dalam menciptakan akun SSH dengan fastssh terdapat kelebihan dalam variasi server yang dapat sobat pilih. Tetapi terdapat kekurangan pada lamanya sebuah akun untuk aktif yaitu paling lama hanya satu minggu saja.

Langkah pertama – Kunjungi halaman fastssh dan pilih server yang diinginkan

Untuk membuat akun SSH dari fastssh pertama sobat kunjungi websitenya terlebih dahulu. Di sana sobat akan menemui banyak pilihan server yang bisa sobat pilih. Untuk contoh kali ini, saya akan menggunakan server Indonesia.

Pertama – tekan tombol Select in Asia untuk memilih benua yang dari server yang sobat inginkan.

Memilih benua server yang diinginkan

Kedua – tekan tombol Select in Indonesia untuk memilih negara yang sobat inginkan. Karena sesuai contoh maka kami memilih Indonesia.

memilih server negara yang sobat inginkan

Ketiga – tekan Create SSH Account Indonesia. Pilihannya sendiri akan banyak seperti gambar di bawah ini. Tetapi sobat cukup pilih saja server yang masih bisa dibuat SSH-nya.

memilih server yang masih bisa dibuat

Langkah kedua – Masukkan username yang sobat inginkan

Setelah sobat memilih server mana yang sobat inginkan, cari bagian yang bertuliskan Create account for 1 week. Isikan username yang sobat inginkan di sana dan kemudian tekan tombol create ssh account.

masukkan username yang sobat inginkan

Nantinya kalian akan dibawa ke halaman berikutnya yang terlihat seperti gambar di bawah ini. Scroll ke bawah dan sobat akan menemukan tombol >>Continue Create Account. Sobat tekan tombol tersebut.

akan dibawa kehalaman registrasi

Langkah ketiga – Masukkan password yang sobat inginkan

Kalian akan dibawa kembali ke halaman server yang sobat pilih. Kemudian sobat isikan password ssh sobat pada seperti gambar di bawah ini. Kemudian centang kotak i’m not a robot baru tekan tombol create account.

masukkan password yang sobat inginkan

Langkah keempat – Account berhasil dibuat

Proses pembuatan akun tidak akan berlangsung lama setelah tombol create account ditekan. Nantinya setelah proses sudah selesai maka akan muncul informasi akun SSH seperti tampilan pada gambar di bawah ini.

informasi akun ssh yang berhasil dibuat di fastssh

Pada informasi tersebut akan dimunculkan IP yang digunakan, username, dan juga password yang diperlukan untuk koneksi ke SSH tersebut.

Membuat SSH dengan SSHkit

Berbeda dengan fastssh, SSHkit hanya memiliki satu server saja, yaitu di server Singapur sehingga variasi server tidak sama sekali. Selain itu untuk membuat akun di sini kalian akan memerlukan e-mail valid dari Gmail sobat. Tetapi dengan masa aktif akun hingga satu bulan lamanya.

Langkah pertama – Login dengan Gmail sobat

Pada halaman ini akan muncul sebuah tombol LOGIN WITH GOOGLE+. Menekan tombol tersebut akan membawa sobat ke halaman dalam memilih e-mail yang sobat ingin gunakan untuk login seperti gambar di bawah ini.

memilih akun gmail yang sobat ingin gunakan

Setalah memilih e-mail yang akan sobat gunakan, akan muncul halaman seperti di bawah ini. Pada halaman tersebut menjelaskan bahwa SSHkit ingin meminta izin akses pada sobat sekalian. Tekan tombol Allow.

tekan tombol allow pada bagian ini

Langkah kedua – Masukkan password yang sobat inginkan

Setelah tombol Allow ditekan, sobat akan dibawa kembali ke halaman sebelumnya. Tetapi sobat dapat mengisi password di sana. Untuk username sayangnya sudah dibuat otomatis dari SSHkit sehingga tidak bisa sobat ubah.

Setelah password sudah sobat masukkan, kemudian tekan tombol SUBMIT untuk melanjutkkan ke proses pembuatan akun.

masukkan password yang sobat inginkan kemudian tekan SUBMIT

Langkah ketiga – Akun berhasil dibuat

Kalian kemudian akan dibawa ke halaman yang memunculkan informasi akun SSH sobat seperti gambar di bawah ini. Hal tersebut berarti bahwa proses pembuatan akun sobat pun sudah selesai.

informasi akun ssh yang sudah dibuat dari SSHkit

Kesimpulan

Membuat SSH gratis bisa dilakukan dan prosesnya juga sangat gampang. Banyak website yang pasti juga menyediakan layanan yang sama seperti Fastssh dan juga SSHkit. Mampu membuat akun SSH pada server premium seperti Singapur dengan masa aktif satu minggu ataupun satu bulan.

Sekian artikel saya sampai di sini. Saya berharap artikel saya ini akan bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *