Cara Membersihkan Memori Penyimpanan WhatsApp di iPhone dan Android

By | January 28, 2020
Cara Membersihkan Memori Penyimpanan WhatsApp di iPhone dan Android

Jika sobat tidak tahu, file-file seperti dokumen, gambar, gif, bahkan stiker, akan disimpan oleh WhatsApp ke memori penyimpanan.

Hal ini membuat semakin aktif orang atau grup di WhatsApp sobat, maka semakin banyak juga memori penyimpanan yang terpakai untuk menyimpan semua file yang terkirim di WhatApp.

Tentu WhatsApp sadar akan hal ini. Itulah kenapa mereka punya fitur manajemen memori di aplikasi mereka baik untuk perangkat Android atau iPhone.

Menggunakan fitur ini, sobat bisa dengan cepat melihat percakapan mana yang menggunakan banyak memori penyimpanan di perangkat sobat, hingga membersihkan memori penyimpanan WhatsApp di perangkat sobat.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara menggunakan fitur ini untuk membersihkan memori penyimpanan WhatsApp di iPhone dan juga Android.

Membersihkan Memori Penyimpanan WhatsApp di Android

Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1: Sobat buka dulu aplikasi WhatsApp-nya.

Langkah 2: Setelah WhatsApp terbuka, sobat kemudian tekan pada tombol tiga titik yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi.

Tekan tombol tiga titik yang ada di kanan atas aplikasi WhatsApp.

Langkah 3: Pada menu yang muncul, sobat kemudian tekan pada menu yang bernama “Settings,” yang terletak di deretan terbawah.

Di menu yang muncul, kemudian tekan tombol Settings.

Langkah 4: Masuk ke menu Settings, sobat kemudian tekan pada menu yang bernama “Data and storage usage.”

Selanjutnya tekan menu Data and storage usage.

Langkah 5: Di dalam menu Data and storage usage, sobat selanjutnya tekan pada menu “Storage usage.”

Kemudian tekan menu Storage usage.

Di bawah menu “Storage usage,” sobat juga akan bisa melihat berapa banyak memori penyimpanan di perangkat sobat yang terpakai oleh WhatsApp.

Langkah 6: Masuk ke dalam menu Storage usage, sobat akan menemukan daftar dari semua percakapan yang sobat lakukan di WhatsApp, beserta berapa banyak memori penyimpanan yang terpakai di percakapan tersebut.

Pilih percakapan yang sobat inginkan.

Percakapan tersebut sendiri tersusun dengan urutan yang menggunakan memori penyimpanan terbanyak yang ada di urutan teratas. Sobat cukup tekan pada percakapan yang ada di urutan pertama.

Langkah 7: Kemudian sobat akan di bawah ke sebuah halaman yang berisi jenis file yang disimpan oleh WhatsApp. Di sana sobat tekan pada tombol “FREE UP SPACE” yang berada di kanan bawah layar.

Tekan tombol FREE UP SPACE.

Langkah 8: Selanjutnya akan muncul kotak di kiri jenis file tersebut, secara default semua jenis file akan terpilih, tetapi jika ada jenis file yang tidak ingin sobat hapus, maka sobat hilangkan centangannya dengan menekan kotak yang ada di kiri jenis file tersebut.

Selanjutnya pilih jenis file yang mau dihapus lalu tekan tombol DELETE ITEMS.

Jika sobat sudah yakin dengan jenis file yang ingin sobat hapus, kemudian sobat tekan tombol “DELETE ITEMS” yang ada di kanan bawah layar.

Langkah 9: Setelah itu, akan muncul sebuah pesan konfirmasi untuk menghapus file. Sobat cukup tekan pada tombol “CLEAR MESSAGES.”

Di pesan konfirmasi yang muncul, tekan tombol CLEAR MESSAGES.

Pesan dan file kemudian akan dihapus dari memori penyimpanan perangkat sobat.

Membersihkan Memori Penyimpanan WhatsApp di iPhone

Untuk prosesnya di iPhone sendiri sebenarnya cuma sedikit berbeda dari Android. Lebih tepatnya cuma di awalnya saja yang berbeda. Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka WhatsApp di iPhone sobat.

Langkah 2: Kemudian sobat tekan pada tab Settings yang terdapat di bagian bawah aplikasi. Setelah itu sobat tekan pada menu yang bernama “Data and Storage Usage.”

Tekan tab Settings, lalu tekan menu Data and Storage Usage.

Langkah 3: Masuk ke menu tersebut, sobat kemudian scroll ke bawah dan selanjutnya sobat tekan pada menu yang bernama “Storage Usage.”

Selanjutnya tekan menu Storage Usage.

Langkah 4: Sama seperti di Android, sobat akan di bawa ke halaman di mana sobat akan menemukan semua percakapan yang sobat lakukan, di susun dengan urutan yang menggunakan memori penyimpanan terberat berada di posisi teratas.

Sobat tekan pada percakapan yang ingin sobat hapus memori pemyimpanannya.

Langkah 5: Kemudian sobat akan di bawa ke halaman di mana terdapat jenis file dan berapa banyak memori penyimpanan yang digunakan di tiap jenis file tersebut.

Tekan tombol Manage.

Di sana sobat tekan pada tombol “Manage” yang terdapat di bagian bawah layar.

Langkah 6: Setelah itu sobat pilih jenis file yang ingin sobat hapus.

Kemudian pilih jenis file yang mau dihapus.

Langkah 7: Jika sudah, sobat kemudian tekan pada tombol “Clear” yang terdapat di bagian bawah.

Kemudian scroll ke bawah dan tekan pada tombol Clear.

Langkah 8: Sebuah pesan konfirmasi untuk menghapus akan muncul. Di sini sobat cukup tekan pada tombol “Clear.”

Di pesan konfirmasi yang muncul, tekan lagi tombol Clear.

Setelah itu semua file yang sobat pilih akan terhapus.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *