Cara Mematikan Quick Access di File Explorer pada Windows 10

By | November 17, 2019
Cara Mematikan Quick Access di File Explorer pada Windows 10

Quick Access sendiri menampilkan folder yang sering dipakai dan file yang pernah sobat akses. Tetapi apakah sobat pernah kepikiran untuk mematikan fitur itu? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara mematikan Quick Access di File Explorer pada Windows 10.

Baca juga : Cara Uninstall / Menghapus Microsoft Teams di Windows 10

Cara kerjanya sendiri sebenarnya mirip seperti fitur favorit lama pada versi Windows sebelumnya. Di mana sobat bisa menaruh folder yang sobat suka sehingga sobat bisa dengan cepat mengakses folder yang sobat suka.

Akan tetapi ada juga orang yang tidak suka jika melihat folder yang sering dibuka dan file yang pernah sobat akses muncul ketika File Explorer sobat buka.

Buka File Explorer Membuka “This PC” Daripada “Quick Access”

Apabila sobat muak dengan Quick Access dan ingin menggantinya menjadi This PC, maka sobat bisa melakukannya. Perlu sobat ketahui This PC merupakan tampilan lama di mana akan memperlihatkan perangkat memori yang terkoneksi ke komputer sobat.

Ikuti langkah berikut untuk merubahnya.

Pertama

Buka File Explorer.

Kedua

Sobat tekan pada tab File yang terdapat pada pojok kanan atas pada File Explorer sobat.

tekan tab file, lalu tekan tulisan change folder and search options

Di sana akan muncul sebuah tampilan seperti gambar di atas. Yang sobat lakukan berikutnya adalah menekan tulisan Change folder and search options.

Ketiga

Akan muncul sebuah jendela setelah sobat menekan tulisan tersebut.

ganti quick access menjadi this pc, pada tulisan open file explorer to.

Yang perlu sobat lakukan berikutnya cukup merubah pilihan dari Quick access menjadi This PC yang terletak pada tulisan di samping Open File Explorer to seperti gambar di atas. Setelah itu sobat tekan tombol OK.

Keempat

Selesai! Sobat sukses merubah tampilan menjadi This PC.

Hentikan Menunjukkan Folder yang Sering Dibuka atau “Recent Files” di Quick Access

Dibuat untuk menggantikan daftar favorit lama. Cara kerjanya sebenarnya juga sama di mana sobat bisa menempelkan folder yang sobat suka di sana. Tetapi folder yang sering sobat akses juga ditambah otomatis ke dalam daftar sama dengan folder yang sobat suka.

Mari saja kita bahas.

Pertama

Sobat buka File Explorer.

Kedua

Berikutnya sobat klik pada tab File yang terdapat pada pojok kanan atas pada File Explorer seperti gambar di bawah ini. Nanti muncul tampilan seperti gambar di atas.

tekan tab file lalu tekan tulisan change folder and search options

Berikutnya sobat tekan pada tulisan Change folder and search options.

Ketiga

Nanti akan muncul sebuah jendela setelah tulisan tersebut sobat tekan. Nah berikutnya sobat lihat pada bagian yang ada tulisan Privacy seperti gambar di bawah.

hilangkan centangan di Show recently used files in Quick access dan Show frequently used folders in Quick access

Di sana sobat akan mendapatkan dua centangan dengan tulisan Show recently used files in Quick access dan Show frequently used folders in Quick access. Hilangkan dua centangan tersebut. Kemudian tekan tombol OK.

Keempat

Nah begitulah cara menghilangkan folder yang sering sobat buka, dan file yang baru saja sobat akses dari sana.

Sobat sekarang bisa menempelkan folder yang sobat suka di sana. Caranya sendiri mudah. Sobat cukup klik kanan pada folder yang sobat suka, lalu pilih pada tulisan Pin to Quick access.

klik kanan folder lalu tekan pada pin to quick access

Dan untuk melepaskan folder tersebut sobat cukup klik kanan folder yang sobat inginkan pada Quick Access, lalu tekan pada tulisan Unpin form Quick access.

klik kanan pada folder di quick access lalu tekan pada unpin from quick access

Kesimpulan

Microsoft sebenarnya membuat itu untuk menggantikan daftar lama yang ada di File Explorer. Tetapi dengan cara yang saya tulis di atas sobat mampu menggantinya menjadi This PC.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *