Cara Mematikan Pencarian Bing di Windows 10

By | February 9, 2020
Cara Mematikan Pencarian Bing di Windows 10

Secara default, setiap kali sobat mencari sesuatu dengan menggunakan Windows Search, Windows 10 akan mencoba untuk mengirimkan apa yang sobat cari ke server mereka untuk memberikan sobat hasil pencarian dari Bing.

Hal inilah yang membuat sobat akan mendapatkan hasil pencarian Bing di Windows Search ketika sobat terhubung ke internet.

Tetapi jujur saja menurut saya, fitur ini malah kurang berguna atau bahkan menyebalkan untuk saya karena saya biasanya hanya akan mencari file atau shortcut program lewat Windows Search. Dan kalau mencari sesuatu di internet, saya biasa akan mengandalkan Google di browser saya.

Bahkan gara-gara fitur ini membuat Windows Search beberapa hari yang lalu menjadi bermasalah. Di mana ketika sobat mencoba mencari di sana, sobat tidak akan mendapatkan hasil apa-apa. Sobat hanya mendapatkan tampilan kosong dari Windows Search.

Untungnya, meskipun harus menggunakan program Registry Editor, sobat bisa mematikan pencarian Bing ini dari Windows Search, dan saya akan membahasnya di artikel saya kali ini.

Peringatan: Jika sobat ingin mematikan fitur pencarian Bing ini, maka sobat juga akan perlu untuk mematikan Cortana di komputer sobat. Jadi kalau untuk sobat yang ingin menggunakan Cortana, maka sobat tidak punya pilihan lain untuk tetap menyalakan fitur ini.

Mematikan Pencarian Bing di Windows 10

Cara ini akan memerlukan sobat untuk mengubah beberapa registry di Windows dengan menggunakan aplikasi Registry Editor (Regedit). Tetapi sobat tidak perlu khawatir karena proses ini akan berjalan lancar asalkan sobat mengikuti langkah di bawah ini.

Catatan: Cara ini sudah pernah dicoba di versi Windows 10 build 1809 (Update bulan Oktober 2018), Windows 10 build 1903 (Update bulan Mei 2019), dan Windows 10 build 1909.

Langkah 1: Sobat buka aplikasi Registry Editor. Sobat cukup tekan tombol Win + R di keyboard sobat, lalu ketikkan “Regedit” di sana, dan kemudian tekan tombol “OK.”

Buka Registry Editor dengan cara menekan tombol Win + R di keyboard, mengetikkan "regedit" lalu tekan tombol "OK."

Langkah 2: Setelah Registry Editor terbuka, sobat kemudian salin alamat ini di sana untuk mengakses folder yang diperlukan dengan mudah.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Search
Salin alamat "HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Search" ke Registry Editor.

Langkah 3: Sobat kemudian buat sebuah registry baru yang bernama “BingSearchEnabled” di folder Search. Sobat cukup klik kanan pada folder Search, kemudian arahkan kursor mouse ke opsi “New,” lalu sobat tekan pada opsi yang bernama “DWORD (32-bit) Value.”

Buat registry baru dengan nama "BingSearchEnabled" dengan cara klik kanan folder Search, arahkan mouse ke "New," lalu tekan pada opsi "DWORD (32-bit) Value.

Ketika sobat diminta untuk memberikan nama untuk registry tersebut, sobat cukup ketik “BingSearchEnabled.”

Lalu ketika registry baru terbentuk, sobat ketik "BingSearchEnabled."

Langkah 4: Kemudian sobat klik dua kali di registry “BingSearchEnabled” yang baru sobat buat, dan pastikan kalau angka yang ada di bawah “Value data” itu adalah 0. Lalu sobat tekan tombol “OK.”

Kemudian pastikan kalau value yang ada di BingSearchEnabled itu 0, dengan cara klik dua kali registry tersebut lalu cek di bawah Value data.

Langkah 5: Selanjutnya sobat klik dua kali di registry “CortanaConsent,” lalu sobat ubah angka angka yang ada di bawah “Value data” menjadi 0, kemudian tekan tombol “OK.”

Lalu klik dua kali registry "CortanaConsent," lalu ubah Value data menjadi 0, dan tekan tombol OK.

Catatan: Jika sobat tidak menemukan registry yang bernama “CortanaConsent,” maka sobat tinggal membuatnya dengan mengikuti langkah yang sama seperti sobat membuat registry “BingSearchEnabled.”

Langkah 6: Sobat sekarang sudah bisa menutup program Registry Editor. Dan sobat tidak akan menemukan hasil pencarian Bing lagi ketika mencari sesuatu di Windows Search. Jika sobat masih menemukan hasil pencarian Bing, sobat tinggal restart saja komputer sobat.

Download File .reg untuk Mempermudah Sobat

Ngomong-ngomong sobat juga bisa mendownload file .reg untuk mempermudah sobat dalam mematikan pencarian Bing ini. File ini akan sangat cocok sekali untuk sobat yang mungkin ragu-ragu untuk mengubah sesuatu di Registry Editor.

Untuk cara pemakaiannya sendiri sangatlah mudah.

Langkah 1: Sobat download file .reg-nya terlebih dahulu. Jika sudah sobat tinggal ekstrak ke folder yang sobat inginkan.

Langkah 2: Setelah sobat ekstrak, maka sobat akan mendapatkan dua buah file yang bernama “Web Searches OFF,” dan “Web Searches ON.”

File "Web Searches OFF" untuk mematikan pencarian Bing, dan file "Web Searches ON" untuk menyalakan pencarian Bing.

Untuk sobat yang ingin mematikan pencarian Bing, sobat cukup klik dua kali di file “Web Searches OFF.” Dan kalau sobat mau menyalakannya lagi, cukup klik dua kali di file “Web Searches ON.”

Langkah 3: Jika sobat sudah memasang file ini, maka sobat sudah berhasil mematikan pencarian Bing ini dari Windows Search sobat tanpa perlu membuka lagi Registry Editor.

Cara Lama untuk Mematikan Pencarian Bing di Windows 10

Awalnya sobat bisa mematikan pencarian Bing ini langsung di Start Menu, sayangnya Microsoft menghapus cara ini di Anniversary Update untuk Windows 10 (build 1607).

Jadi kalau sobat yang menggunakan Windows 10 build 1607 ke atas, maka sobat tidak akan bisa lagi menggunakan cara ini. Dan harus menggunakan cara di atas yang mengandalkan aplikasi Registry Editor.

Tetapi untuk sobat yang masih menggunakan Windows 10 build lama (di bawah build 1607), maka sobat masih bisa menggunakan cara ini.

Langkah 1: Sobat ketik “cortana settings” di Start Menu atau lebih tepatya Windows Search. Lalu sobat tekan pada hasil pencarian yang bernama “Cortana & Search settings.” Langkah ini akan memunculkan pengaturan untuk Cortana di Start Menu sobat.

Ketik "cortana settings" di Start Menu atau lebih tepatnya di Windows Search. Lalu tekan pada "Cortana & Search settings."

Langkah 2: Sobat kemudian matikan Cortana. Untuk melakukan ini, coba cukup tekan toggle yang ada di bawah tulisan “Cortana can give you suggestions, ideas, reminders, alerts, and more.”

Matikan Cortana dengan menekan toggle di bawah "Cortana can give you suggestins, ideas, reminders, alerts, and more."

Langkah 3: Kemudian sobat matikan pencarian Bing-nya. Yaitu dengan menekan toggle yang ada di bawah tulisan “Search online and include web results.”

Lalu matikan pencarian Bing dengan menekan toggle di bawah "Search online and include web result."

Langkah 4: Dan selesai deh. Ketika sobat mencari sesuatu, maka Windows Search hanya akan mencari di dalam komputer sobat saja, dan tidak lagi menggunakan Bing.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *