Cara Mematikan Delivery Optimization di Windows 10

By | August 29, 2019
Cara Mematikan Delivery Optimization di Windows 10

Delivery Optimization, pasti ada beberapa dari sobat sekalian yang tahu akan adanya benda ini. Mungkin dari sobat yang iseng memeriksa Task Manager karena kecepatan internet sobat yang malambat. Atau dari sobat yang membaca tentang hal ini di internet.

Lalu bagaimana cara mematikan Delivery Optimization agar kecepatan internetnya normal kembali? Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara mematikan Delivery Optimization di Windows 10.

Apa itu Delivery Optimization?

Menurut saya, sebelum kita membahas mengenai cara menonaktifkan Delivery Optimization, ada baiknya kita bahas dulu apa sih benda itu.

Delivery Optimization adalah sebuah fitur yang diciptakan oleh Microsoft untuk para pengguna Windows 10. Fitur ini sendiri dirancang agar sobat pengguna Windows 10 bisa mendapatkan update Windows dan aplikasi di Microsoft Store lebih cepat dan tepat.

Bagaimana sih cara kerja dari Delivery Optimization ini?

Fitur ini sendiri bekerja dengan membuat sobat bisa mendapatkan update melalui sumber selain Microsoft, seperti komputer yang ada dalam satu jaringan LAN, ataupun komputer yang berada dalam satu jaringan internet yang sama.

Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat mengurangi beban bandwidth dari beberapa komputer yang terdapat dalam satu jaringan internet yang sama. Yang tujuannya agar setiap perangat dapat mendapatkan update dengan merata dan aman meskipun sobat memiliki koneksi internet yang tidak stabil atau terbatas.

Singkatnya fitur ini berguna apabila sobat memiliki komputer yang lebih dari satu di jaringan internet yang sama tetapi tidak stabil. Jika sobat hanya punya komputer sebiji maka fitur ini tidak berguna sama sekali. Malahan fitur ini akan menyusahkan sobat karena membuat internet sobat melambat dan bahkan menguras kuota sobat.

Baca juga : Beberapa Program di Windows 10 yang Memakan Kuota

Cara Mematikan Delivery Optimization

Mari langsung saja saya bahas bagaimana cara menonaktifkan Delivery Optimization ini. Langkah-langkahnya sendiri sebenarnya simple dan mudah.

Pertama

Sobat buka Settings. Sobat bisa temukan di Start Menu sobat. Atau sobat juga bisa panggil dengan menggunakan shortcut Ctrl + i.

Kedua

Setelah Settings sudah terbuka, berikutnya sobat klik pada Update & Security. Lokasinya berada dipaling ujung pilihan. Atau sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Pilih Update & Security setelah Settings terbuka

Ketiga

Setelah menu Update & Security sudah terbuka, kemudian sobat tekan atau klik tulisan Delivery Optimization yang berada pada sisi kiri. Nantinya sobat akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika sama, maka itu berarti fitur tersebut masih menyala dan belum dimatikan sama sekali.

Setelah masuk ke menu Update & Security, pilih delivery optimization di bagian kiri

Keempat

Untuk mematikan Delivery Optimization itu sendiri, sobat hanya perlu klik sekali pada tombol yang berada pada bagian bawah tulisan Allow downloads from other PCs. Nantinya tombol tersebut akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

tekan tombol di bawah allow downloads from other pcs untuk mematikan delivery optimization

Kelima

Selamat Delivery Optimization inipun sobat sukses matikan atau nonaktifkan!

Keenam (opsional)

Meskipun fitur ini sendiri sudah dimatikan pada langkah keempat, tetapi fitur ini sendiri masih sering aktif dan menyedot kuota. Saya sendiri menyarankan sobat untuk memblokir akses internet pada fitur ini. Sobat bisa gunakan aplikasi seperti NetLimiter yang memiliki fungsi untuk memblokir akses internet pada aplikasi yang sobat inginkan.

Baca juga : Kontrol Koneksi Internet di Komputer dengan NetLimiter

Kesimpulan

Delivery Optimization memang berguna untuk sobat yang memiliki komputer yang banyak pada satu jaringan internet yang sama. Terlebih lagi apabila internet sobat itu terbatas dan kadang tidak stabil. Tetapi, jika komputer sobat hanya satu dan memang biasanya cuma satu, maka menurut saya fitur ini tidak berguna sama sekali. Untungnya fitur ini gampang sekali dimatikan.

Sekian artikel ini sampai di sini. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *