Cara Memainkan Game PS1 di Komputer

By | August 23, 2019
Cara memainkan game ps1 di komputer

PS1, buat sobat yang seumuran dengan saya pasti masa kecilnya pernah ditemani dengan konsol buatan Playstation ini. Tentunya pasti ada game yang sobat kangen untuk dimainkan kembali, tetapi tidak bisa karena sudah tidak punya konsolnya lagi. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kepada sobat bagaimana cara memainkan game PS1 di komputer.

Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum kita membahas cara mamainkannya, saya ingin sobat menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Emulator PS1 untuk komputer.
    Tentu saja ada beberapa variasi emulator yang bisa sobat gunakan. Tetapi untuk saya sendiri saya menggunakan emulator ePSXe yang bisa sobat download di sini.
  • BIOS PS1 untuk emulator.
    Sobat akan memerlukan BIOS ini untuk menjalankan game PS1 di komputer sobat. Saya sendiri menyarankan BIOS SCPH-1001 yang bisa sobat download di sini.
  • Video plugin untuk emulator.
    Video plugin ini penting untuk menampilkan gambar di emulator sobat. Ada banyak variasi plugin yang bisa sobat gunakan tentunya. Tetapi saya menggunakan plugin Pete’s OpenGL2 PSX GPU v.2.9 yang bisa sobat download di sini.
  • Audio plugin untuk emulator.
    Audio plugin untuk memunculkan suara di emulator. Saya sendiri menggunakan plugin P.E.Op.S. Sound Audio Driver 1.10b svn 7 yang dapat sobat download di sini.
  • CDROM plugin untuk emulator.
    Plugin ini sendiri penting apabila sobat memiliki game yang terbagi menjadi beberapa kaset seperti Final Fantasy VII contohnya. Saya menggunakan plugin P.E.Op.S. CDR Version 1.4 yang bisa sobat download di sini.
  • Game PS1 untuk dimainkan tentunya.
    Bisa berupa file .iso atau file .bin yang bisa sobat cari di internet. Ataupun bisa berupa kaset PS1 yang sobat punya. Meskipun saya lebih nyaranin dalam bentuk file sih.

Setelah sobat sudah punya semua bahan yang saya sebutkan di atas. Maka proses untuk memainkan game PS1 bisa kita mulai!

Cara Memainkan Game PS1 di Komputer

Setelah bahan sudah sobat siapkan mari saja kita mulai. Untuk bagian ini akan saya pisah menjadi dua. Bagian pertama akan membahas tentang konfigurasi emulator ePSXe-nya agar bisa dimainkan di komputer sobat. Bagian kedua akan membahas tentang cara menjalankan gamenya di emulator ePSXe.

Konfigurasi emulator ePSXe di komputer

Sekali lagi, karena sobat sudah sampai ke bagian ini, maka akan saya anggap sobat sudah punya semua file atau bahan yang saya suruh download tadi.

Pertama

Sobat ekstrak file ePSXe205.zip ke folder yang sobat inginkan. Taruh saja ke folder yang mudah diingat.

Kedua

Sobat kemudian ekstrak file SCPH1001.bin yang berapa di scph1001.zip yang sobat download tadi ke folder bios-nya ePSXe yang sobat ekstrak di langkah pertama tadi.

Ketiga

Ekstrak video plugin, sound plugin, dan CDROM plugin yang sobat download tadi ke dalam folder plugins

Nanti hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

tampilan file hasil ekstrak di folder plugins

Keempat

Untuk game PS1-nya, jika sobat download file .iso atau .bin game tersebut di internet. Simpan saja file tersebut di folder isos.

Kelima

Baru akhirnya sobat jalankan emulator ePSXe-nya dengan klik dua kali file ePSXe.exe.

Keenam

Biasanya sih jika sobat baru pertama kali menjalankan emulator ePSXe-nya, maka akan muncul jendela Wizard Guide yang berjudul Welcome to the ePSXe config setup. Jika sobat tidak sengaja tutup jendela itu, sobat bisa panggil kembali di tab Config lalu Wizard Guide seperti gambar di bawah ini.

config > wizard guide untuk membuka wizard epsxe

Kemudian sobat tekan aja tombol dengan tulisan Config >>.

Ketujuh

Masuk ke bagian bios sobat pilih scph1001 lalu tekan tombol Next >>.

pilih scph1001 untuk bios epsxe

Kedelapan

Berikutnya sobat akan dibawa ke bagian pemilihan video plugin. Sobat pilih saja Pete’s OpenGL2 Driver 2.9 kemudian tekan tombol Config.

pilih pete's opengl 2 drive 2.9 untuk video plugin epsxe

Akan muncul jendela untuk konfigurasi video plugin seperti gambar di bawah ini. Sobat ikuti saja sesuai dengan gambar di bawah untuk konfigurasinya. Atau jika sobat mau acak-acak juga silahkan. Setelah selesai sobat tekan tombol OK.

konfigurasi video plugin pete's opengl2 driver 2.9

Sobat akan dibawa kembali ke bagian pemilihan video plugin. Kemudian sobat tekan tombol Next >>.

Kesembilan

Sobat kemudian akan dibawa ke bagian pemilihan audio plugin. Sobat pilih P.E.Op.S. Sound Audio Drive 1.10 kemudian tekan tombol Config.

pilih p.e.op.s. sound audio drive 1.10

Sama seperti video plugin pada langkah kedelapan. Akan muncul sebuah jendela untuk konfigurasi audio plugin seperti gambar di bawah ini. Sobat ikuti saja seperti gambar di bawah kemudian tekan tombol OK jika sudah selesai.

konfigurasi untuk sound drivernya

Kemudian sobat tekan tombol Next >>.

Kesepuluh

Bagian untuk memilih CDROM plugin akan muncul. Sobat pilih saja ePSXe CDR WNT/W2K Core 2.0.0 untuk pluginnya. Dengan plugin ini sobat akan bisa memainkan game yang hanya terdiri dari satu kaset.

pilih plugin untuk cdrom

Sobat pilih P.E.Op.S. CDR Drive 1.4 apabila sobat ingin memainkan game yang terbagi menjadi banyak kaset. Untuk konfigurasinya seperti gambar di bawah. Ikuti saja setelah itu tekan tombol OK.

konfigurasi untuk plugin cdrom dari p.e.op.s. cdr drive 1.4

Sobat kemudian tekan tombol Next >>.

Kesebelas

Masuk ke bagian konfigurasi untuk stik PS-nya. Apabila sobat punya kontroler, sobat bisa atur di sini. Untuk aturnya sendiri mudah maka saya tidak akan memberikan gambar sama sekali. Sobat cukup tekan tombol Controller 1 untuk konfigurasi stik PS player 1.

Kedua belas

Konfigurasi selesai! Fuh panjang banget ui….

Menjalankan game di emulator ePSXe

Setelah sobat selesai dengan konfigurasi emulator-nya. Yang perlu sobat lakukan berikutnya adalah main game kesukaan sobat.

Ada dua cara untuk menjalankan game yang sobat inginkan:

  1. Apabila sobat menggunakan kaset game PS1 maka sobat pada tab File sobat pilih Run CDROM. Maka emulator akan membaca kaset game sobat.
  2. Apabila sobat menggunakan file .iso atau .bin maka sobat pilih Run ISO pada tab File. Kemudian sobat pilih file yang ingin sobat mainkan.
pilih run cdrom untuk jalankan game dari kaset. pilih run iso untuk jalankan file game.

Itu aja sih mudahkan?

Kesimpulan

Menjalankan game PS1 di komputer sobat itu mudah. Sobat hanya perlu menggunakan emulator yang ada, contohnya ePSXe. Untuk memainkan game di emulator tersebut tentu sobat perlu beberapa file pelengkap, dan juga konfigurasi file tersebut. Tetapi proses tersebut mudah dan hanya perlu dilakukan sekali saja.

Sekian artikel saya sampai di sini. Semoga artikel saya bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *