Cara Melindungi Komputer Sobat dari Ransomware

By | August 29, 2019
Cara Melindungi Komputer Sobat dari Ransomware

Ransonware, saya yakin sobat sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Nama yang baru tidak lama ini sempat gempar dan menjadi berita di televisi Indonesia. Jenis virus yang tidak hanya menyusahkan di Indonesia tetapi juga seluruh negara di bumi.

Pastinya sobat dan juga saya tentunya was-was dengan keberadaan virus ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang bagaimana cara melindungki komputer sobat dari Ransomware.

Apa itu Ransomware?

Sebelum saya mulai, seperti biasa tidak afdol jika saya tidak membahas sedikit mengenai Ransomware ini.

Terdiri dari gabungan kata berbahasa inggris Ransom dan juga Malware, saya yakin sobat sekalian pasti sudah punya gambaran jika sobat tahu arti dari kedua kata tersebut.

Ransomware adalah jenis dari malware yang didesain untuk mengunci sobat dari komputer sobat kecuali jika sobat membayar uang tebusan. Biasanya file-file yang sobat miliki akan dienkripsi seperti sandra, dan uang tebusan akan diminta melalui cryptocurrency.

Target dari virus ini sendiri sih sebenarnya ditujukan untuk perusahaan-perusahaan ataupun pemerintah. Alasannya karena pastinya sekali terkena virus ini, akan memiliki kemungkinan besar bahwa mereka akan membayar tebusan karena file yang dienkripsi itu pasti penting.

Untuk saat ini, virus ini sendiri masih berkembang biak menjadi berbagai banyak macam. Ada yang bahkan sampai sengaja menghapus semua backup yang sobat punya. Ada juga yang tidak mengenkripsi file sobat sama sekali tetapi langsung menghapus semua file sobat dan masih tetap meminta tebusan.

DynA-Crypt, ransomware yang mengenkripsi semua file dan menghapus file acak setiap lima menit

Cara Melindungi Backup Sobat dari Ransomware

Jika komputer sobat terinfeksi dengan ransomware ini, sobat bisa antara membayar uang tebusan, atau tidak membayar dan mencoba untuk mengembalikan komputer sobat dengan backup.

Untuk pilihan pertama sebenarnya sangat tidak disarankan. Alasannya karena hal ini hanya akan membuat para tersangka pembuat virus semakin semangat karena mereka sukses mendapat uang tebusan.

Maka dari itu sobat lebih disarankan untuk mengambil pilihan kedua. Mulailah rajin-rajin membuat backup mulai dari sekarang. Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan, yaitu:

1. Asumsikan bahwa ransomware akan mengenkripsi atau menghapus semua file yang bisa sobat akses di komputer sobat

Jika sobat memiliki hardisk eksternal yang tertancap terus di komputer sobat dan juga penyimpanan awan atau cloud storage, anggap file di sana sudah tidak bisa diselamatkan.

2. Siapkan backup yang terpisah dari komputer sobat

Cara paling efektif untuk melawan ransomware sebenarnya dengan melakukan proses backup dengan waktu yang berkala. Maksudnya sobat punya jadwal sendiri untuk melakukan backup, sehingga hanya sesekali saja harddisk yang sobat gunakan untuk backup tertancap di komputer. Sehingga ketika komputer sobat terinfeksi maka backup yang sobat miliki akan tetap aman dari serangan.

3. Andalkan “versioning”

Maksudnya di sini, sobat gunakan aplikasi backup yang menyimpan banyak versi file sobat pada waktu yang berbeda. Karena meskipun sobat sudah menyiapkan backup yang terpisah, ada kemungkinan ketika sobat melakukan backup, komputer sobat sudah terinfeksi. Maka dari itu apabila sobat punya file backup yang tersedia pada waktu yang berbeda maka sobat bisa kembali ke versi sebelum file tersebut terinfeksi virus.

Jika sobat menggunakan cloud storage atau penyimpanan awal untuk menyimpan backup sobat, saya sarankan untuk menggunakan fitur berbayar mereka. Contohnya seperti fitur Dropbox Rewind pada penyimpanan Dropbox yang akan mencatat sejarah penyimpanan sobat mulai dari 30 hari hingga 180 hari.

Cara Menghindari Komputer Sobat dari Terinfeksi Ransomware

Meskipun memang virus ini bikin was-was, ransomware ini hanya satu dari sekian banyak malware yang harus sobat waspadai.

Ketika sobat sudah punya backup yang sobat memang anggap aman, ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan agar bisa membuat sobat terhindar dari malware:

  • Gunakan antivirus yang selain kuat, juga memiliki pertahanan untuk ransomware. Tentu, tidak ada antivirus yang sempurna, tetapi masih lebih baik dari pada tidak punya antivirus sama sekali bukan?
  • Jangan klik apapun yang sobat tidak percaya. Untuk orang awam sering hal ini terjadi nih. Hindari link yang mencurigakan yang bisa sobat temukan dari website, email ataupun sms. Hindari menggunakan aplikasi bajakan baik di komputer. Hanya install aplikasi yang sobat dapatkan dari website terpercaya.
  • Sering-sering update Windows sobat. Tentu saja yang ini sangat wajib. Setiap update dari Microsoft ada untuk menutup celah keamaan yang mereka temukan di Windows 10. Semakin sobat update maka semakin aman komputer sobat. Meskipun kadang update itu malah membuat aplikasi sobat bermasalah.

Baca juga : Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Komputer Sobat Terinfeksi Ransomware?

Jika kalian kurang beruntung dan komputer sobat terinfeksi ransomware, sobat janganlah berputus asa. Karena ada dua aplikasi gratis tanpa perlu membayar uang tembusan:

1. No More Ransom

Projek gabungan antara McAfee dan banyak organisasi di Eropa. Jika komputer sobat terinfeksi, sobat bisa pergi kesana dan meng-upload beberapa contoh file sobat yang terenkripsi di komputer sobat. Jika mereka sudah menemukan cara untuk dekripsi ransomware yang menyerang komputer sobat, maka sobat bisa menyelamatkan komputer sobat tanpa biaya.

2. ID Ransomware

Mirip seperti No More Ransom, perusahaan keamaan Emsisoft menciptakan projek ini. Sobat bisa meminta ID Ransomware untuk memberitahu sobat apabila file sobat yang belum bisa didekripsi akhirnya bisa didekripsi.

Kesimpulan

Ransomware itu sangat menyebalkan. Tidak, menurut saya semua malware itu menyebalkan. Sebenarnya sih asalkan sobat teliti ketika membuka sesuatu di komputer sobat, kemungkinan komputer sobat diserang pasti akan mengecil. Gitu aja sih.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *