Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

By | August 29, 2019
Cara melakukan roll back di Windows 10

Melakukan update atau upgrade ke versi Windows terbaru memang penting. Alasannya karena biasanya dengan update yang diberikan akan menutup celah keamanan yang ditemukan.

Tetapi, terkadang tidak jarang update atau upgrade yang terjadi malah membuat fitur atau aplikasi yang kita punya menjadi bermasalah. Contohnya saya sendiri, pernah ketika update versi Windows 10 ke versi terbaru, wi-fi saya sering bermasalah yang membuat komputer saya bluescreen.

Lalu apakah ada cara untuk kembali atau roll back ke versi Windows sebelumnya?

Jawabannya ada, ketika upgrade atau update besar pada versi Windows, maka akan ada backup otomatis yang diciptakan. Nama folder backup itu adalah Windows.old. Folder itu sendiri bisa sobat hapus manual atau akan otomatis terhapus setelah 30 hari.

Baca juga : Cara Menghapus Windows.old dari Komputer

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara roll back atau kembali ke versi Windows sebelumnya.

Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

Jika sobat memang yakin ingin kembali ke versi Windows sobat sebelumnya karena alasan apapun, maka ikuti langkah berikut ini.

Pertama

Sobat buka Settings di Windows 10 sobat. Bisa sobat lakukan melalui Start Menu maupun dengan menekan shortcut Win + i di keyboard sobat.

Kedua

Setelah Settings sudah sobat buka, kemudian sobat akseslah menu Update & Security. Jika sobat tidak tahu, menu tersebut berada pada deretan paling terakhir di Settings. Sobat bisa lihat gambar di bawah ini menu mana yang saya maksud.

tekan update & security untuk mengakses menunya

Ketiga

Setelah sobat memasuki menu Update & Security, maka sobat kemudian akseslah Recovery yang terdapat pada menu sebelah kiri Settings.

klik menu recovery, kemudian tekan tombol get started di bawah tulisan go back to the previous version of windows 10

Masuk ke bagian Recovery sobat akan menemukan tulisan Go back the previous version of Windows 10 (10-nya bisa beda jika sobat melakukan upgrade dari Windows 7 atau 8 ke Windows 10) seperti pada gambar di atas. Sobat tekan tombol Get started yang berada tepat di bawah tulisan tersebut.

Keempat

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Akan sedikit berbeda tulisannya tergantung dari sobat roll back kembali ke versi apa.

akan ditanya alasan kenapa melakukan roll back. pilih salah satu kemudian tekan tombol Next

Tampilan seperti gambar di atas akan menanyakan sobat kenapa sobat melakukan roll back atau kembali ke versi Windows sebelumnya. Sobat pilih saja asal-asal karena pertanyaan itu juga tidak penting buat sobat.

Setelah sobat pilih alasan sobat untuk roll back, sobat tekan tombol Next yang hanya bisa ditekan setelah sobat memilih salah satu alasan sobat untuk roll back.

Kelima

Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang bertulisan What you need to know. Di sini dijelaskan bahwa sobat perlu install ulang aplikasi sobat dan mengatur kembali Windows sobat.

Windows akan membaritahukan apa yang harus sobat lakukan ketika proses roll back telah selesai. tekan tombol Next

Sobat tekan tombol Next.

Keenam

Proses roll back atau kembali ke versi sebelumnya akan dimulai. Sobat di sini hanya perlu menunggu hingga proses tersebut selesai. Lama tidaknya proses ini tergantung pada spesifikasi komputer sobat.

Ketujuh

Selamat! sobat berhasil kembali ke versi Windows atau build Windows sebelumnya.

Kesimpulan

Microsoft memberikan sobat kurang lebih sebulan untuk memutuskan ingin roll back atau tidak. Jika sobat ingin melakukan roll back maka sobat tinggal ikuti langkah di atas. Proses kembali ke versi atau build sebelumnya pun tidaklah sulit, hanya beberapa kali klik dan sisanya biarkan Windows yang melakukan tugasnya.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya akan bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

2 thoughts on “Cara Melakukan Roll Back di Windows 10

    1. Shidosan Post author

      Tentu saja semua aplikasi yang sobat pasang akan terhapus apabila sobat melakukan rollback.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *