Cara Main FGO (Fate/Grand Order) di Komputer

By | April 25, 2019
Cara Main FGO di Komputer

FGO atau Fate/Grand Order merupakan suatu game untuk Android atau iOS yang dibuat oleh Delightworks. FGO ini oleh pembuat Fate Series yaitu Kinoko Nasu dikonfirmasi merupakan kelanjutan cerita dari Fate/Stay Night (atau istilahnya kanon).

Oleh karena itu sebagai salah satu pecinta dari seri Fate ini sendiri, saya ingin sekali memainkan game tersebut. Tetapi saya tidak memiliki hp yang memadai untuk memainkan game tersebut. Karena game tersebut memerlukan minimal 2GB RAM dan juga minimal dual core agar dapat berjalan dengan baik.

Untungnya saya masih bisa memainkan game tersebut di laptop saya dengan menggunakan emulator Android. Maka dari itu, saya membuat artikel ini untuk membantu sobat-sobat yang juga ingin memainkan FGO di komputer sobat.

Emulator Android untuk Bermain FGO

Seperti yang saya sebutkan di atas, untungnya terdapat beberapa emulator yang dapat memainkan game FGO ini.

Emulator tersebut adalah:

  • NoxPlayer
  • MEmu

Untuk NoxPlayer sendiri, saya yakin dapat menjalankan FGO untuk server NA dan juga mungkin JP. Karena saya memainkan FGO server NA pada emulator tersebut.

Untuk MEmu, saya kurang yakin apakah masih bisa menjalankan game tersebut atau tidak. Tetapi saya sempat membaca bahwa emulator ini dapat menjalankan FGO tanpa ada halangan sama sekali. Sobat bisa silahkan mencobanya dengan emulator ini.

Cara Download FGO (Fate/Grand Order)

Sebenarnya FGO ini sendiri baik server NA maupun JP, tidak dapat dimainkan oleh kita di Indonesia karena alasan keterbatasan region. Sehingga ketika sobat mencari game tersebut di Play Store, saya yakin sobat tidak akan menemukan FGO itu sama sekali.

Tetapi untuk sobat dapat mengunduh FGO dengan menggunakan pihak ketiga. Ada beberapa sumber yang bisa sobat pakai untuk mendapatkan FGO tersebut, yaitu antara lain:

Download dari website saya (sangat direkomendasikan)

Saya baru saja membuat sebuah artikel tempat sobat bisa mendapatkan apk untuk Fate/Grand Order English. Saya akan meng-update artikel tersebut setiap kali ada update baru.

Silahkan sobat klik link ini untuk download apk FGO English.

QooApp

QooApp merupakan aplikasi yang menyerupai Play Store, tetapi dikhususkan untuk game. Sobat perlu untuk men-download QooAppnya terlebih dahulu dan menginstallnya di emulator ataupun di hp sobat.

Setelah sobat install, buka dan cari lah Fate/Grand Order, nantinya akan muncul banyak pilihan seperti gambar di bawah ini.

cari fgo di qooapp

Pilih server yang sobat ingin mainkan, nantinya akan ada tombol Download seperti gambar di bawah ini. Ketika sobat tekan tombol tersebut, maka proses download akan berjalan dan ketika selesai maka akan langsung menjalankan proses install.

download fgo di gooapp

Keuntungan dari memakai QooApp ini sendiri adalah seperti Play Store sobat cukup membuka aplikasi QooApp untuk meng-update game apabila ada update terbaru.

Apkpure

Ini lebih untuk sobat yang tidak ingin repot menginstall aplikasi lain. Dengan menggunakan Apkpure sobat bisa langsung mencari apk game atau aplikasi sobat langsung dari komputer maupun hp.

Sebagai contoh sobat ingin mencari FGO, maka akan muncul banyak pilihan server FGO yang bisa sobat download, seperti pada gambar di bawah.

mencari fgo di apkpure

Pilih server yang sobat ingin mainkan dan kemudian tekan tombol Download seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Proses download pun akan langsung terjadi.

download fgo

Cara Main FGO (Fate/Grand Order) di Komputer

Setelah sobat selesai men-download apk FGO tersebut dan sukses menginstallnya di emulator sobat, sebenarnya game tersebut sudah siap sobat mainkan.

Sobat nantinya akan diminta untuk mengunduh file game ketika sobat menjalankan FGO untuk pertama kali. Oleh karena itu, saya sarankan sobat untuk menyiapkan kuota ataupun menggunakan wifi, karena ukurannya lumayan besar.

Peringatan!

Sebenarnya FGO ini sendiri dilarang untuk dimainkan di emulator. Hal itu lah yang menyebabkan terkadang update dari FGO itu akan membuat game tersebut tidak dapat dimainkan pada emulator tersebut sama sekali. Masalah tersebut pernah terjadi bebarapa kali pada server NA maupun JP.

Oleh karena itu saya sarankan untuk sobat yang bermain dengan menggunakan emulator, untuk rajin-rajin melakukan bind akun FGO sobat sehingga bisa meminimalisir resiko sobat akan kehilangan akun sobat.

Kesimpulan

Bermain FGO di komputer itu ternyata tidak sulit. Sobat hanya perlu mengunduh emulator dan juga apk FGO kemudian menginstallnya, dan sobat dapat memainkan game tersebut di komputer sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, semoga artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

4 thoughts on “Cara Main FGO (Fate/Grand Order) di Komputer

  1. Yuki

    Selamat malam. Aku ingin tanya. Maksudnya rajin melakukan bind akun itu apa ya? Aku bukan gamer, tapi penggemar fate juga dan ingin mencoba memainkan gamenya.
    Terima kasih

    Reply
    1. Shidosan Post author

      Bind akun maksudnya itu mendapatkan kode pengikat untuk akun. FGO ini masih menggunakan bind code untuk mengamankan akun pemainnya, tidak seperti game lain yang sudah menggunakan akun sosial media untuk mengikat akun.

      Itulah kenapa kalau misalnya ada masalah seperti, tiba-tiba setelah maintenance, ternyata emulator komputer tidak bisa menjalankan FGO, sobat masih bisa mengamankan akun di emulator tersebut karena sobat sudah bind akun sobat terlebih dahulu sebelum maintenance.

      Untuk cara mendapatkan bind code ini sendiri bisa mengarah ke artikel saya yang ini Cara Bind Akun FGO (Fate/Grand Order) NA dan JP

      Reply
    1. Shidosan Post author

      Tergantung lagi sih dari spesifikasi komputer sobat. Kalau di laptop tua saya (i3 4005u, geforce 820m, dan 4GB ram) sih lumayan berat, tapi masih playable.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *