Cara Kalibrasi Layar Sentuh di Android Sobat

Cara Kalibrasi Layar Sentuh di Android Sobat

Seiring dengan berjalannya waktu, ada kemungkinan terjadinya penurunan performa atau kondisi dari layar sentuh perangkat Android sobat. Tetapi, sebelum sobat mengganti ke perangkat baru, alangkah baiknya untuk sobat coba kalibrasi siapa tau bisa memperbaiki masalah yang sobat alami. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara kalibrasi layar sentuh di Android sobat.

Apa Sebenarnya Layar Sentuh Perangkat Sobat Perlu Untuk Dikalibrasi?

Ketika sistem operasi Android berkembang setiap tahunnya, perangkat keras yang digunakan juga ikut berkembang. Perangkat keras untuk Android saat tentu saja sudah jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Oleh karena itu layar sentuh perangkat Android saat ini jarang sekali memerlukan penggunanya untuk melakukan kalibrasi. Hal ini menyebabkan ketika ada kesalahan yang terjadi maka biasa perangkat keras layar sentuhnya yang rusak.

Meskipun begitu, sobat tidak bisa membuang kalibrasi jauh-jauh begitu saja. Hal itu karena terkadang pada situasi tertentu kalibrasi ini masih berguna untuk digunakan.

Sebagai contoh, kalibrasi bisa dilakukan untuk mengatur seberapa sentitif layar sentuh sobat. Beberapa variasi pelindung layar tertentu, kemungkinan akan berdampak pada performa layar sentuh sobat. Masalah ini adalah salah satu kadang bisa diatasi dengan kalibrasi.

Tentu saja hal ini juga akan sangat bagus jika sobat coba di perangkat yang jauh lebih tua. Karena memang tidak ada resiko sama sekali dalam melakukan kalibrasi berapapun tuanya perangkat sobat.

Periksa Layar Sentuh Perangkat Sobat

Sebelum sobat mulai, sangat diperlukan untuk sobat periksa apakah layar sentuh perangkat Android sobat itu berfungsi.

Untuk versi Android yang lebih tua, ada menu rahasia dan opsi pengembang yang bisa sobat gunakan. Di sini sobat bisa memeriksa dan kalibrasi layar sentuh sobat.

Jika sobat punya ponsel Android tua, sobat bisa coba mengakses menu rahasia ini dengan memanggil *#*#2664#*#*. Opsi ini tentu hanya akan bekerja di versi Android 5 (Lollipop) ke bawah.

Untuk sobat yang punya versi di atas itu, maka bisa sobat gunakan Touch Screen Test. Aplikasi ini bisa sobat dapatkan langsung dari PlayStore.

aplikasi Touch Screen Test untuk memeriksa apakah layar sentuh sobat memang tidak rusak secara fisik

Untuk menggunakannya sebenarnya sangat mudah. Sobat cukup install dan coba tekan layar sentuh sobat di manapun yang sobat inginkan.

Kalibrasi Layar Sentuh Sobat

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, versi Android yang lama punya fitur mengecek dan mengkalibrasi layar. Seperti biasa dengan mengakses kode *#*#2664#*#* sobat bisa mengetahui apakah layar sobat berfungsi dengan baik.

Sayangnya, fitur ini sudah dihapus pada versi Android yang lebih baru. Oleh karena itu, perlu aplikasi pihak ketiga untuk melakukan proses kalibrasi layar yang sobat inginkan.

Salah satu aplikasi tersebut bernama Touchscreen Calibration. Aplikasi ini tentu saja bisa sobat temukan di PlayStore seperti biasa. Sobat cukup install dan buka aplikasi tersebut.

Aplikasi Touchscreen Calibration untuk melakukan kalibrasi terhadap layar sentuh. Tekan tombol CALIBRATE untuk menjalankan proses kalibrasi.

Nantinya seperti gambar di atas, sobat cukup tekan tombol biru yang bertuliskan CALIBRATE untuk menjalankannya. Kemudian sobat akan dihadapkan dengan enam tahap seperti mengetuk layar hingga melakukan gaya cubit untuk memperbesar layar.

Notifikasi kalau kalibrasi sukses dilakukan.

Ketika proses sudah selesai maka akan muncul notifikasi seperti gambar di atas. Sobat cukup nyalakan ulang (restart) perangkat sobat.

Jika Masih Gagal, Lakukan Proses Factory Reset

Factory Reset kemungkinan bisa sobat coba apabila kalibrasi tidak menyelesaikan masalah layar sentuh sobat. Tetapi tentu saja ada kemungkinan bahwa Factory Reset tidak akan menyelesaikan masalah sobat juga.

Mengembalikan perangkat Android sobat kembali seperti pertama kali sobat nyalakan itulah Factory Reset. Hal ini biasa bisa menyelesaikan masalah yang terjadi akibat aplikasi yang tidak diketahui menyebabkan masalah pada perangkat keras perangkat sobat.

Tentu saja kalau masalahnya terdapat langsung pada perangkat keras perangkat sobat maka tentu cara ini juga tidak akan bisa menyelesaikannya.

Untuk menjalankan Factory Reset sendiri kurang lebih berbeda-beda tiap merk perangkat Android sobat. Tetapi, sobat kemungkinan bisa menemukan opsi tersebut di Settings > System > Reset.

Jangan lupa sebelum melakukan proses Factory Reset, sangat disarankan untuk melakukan back up terlebih dahulu. Sehingga sobat tidak akan perlu takut kehilangan semua data sobat.

Kesimpulan

Kalibrasi terhadap layar sentuh perangkat Android sobat mungkin bisa menyelesaikan beberapa masalah yang ada. Masalah yang seperti kurangnya sensitifitas layar karena sobat memasang anti gores dan lain-lain.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here