Cara Install Ekstensi di Microsoft Edge Chromium

By | January 25, 2020
Cara Install Ekstensi di Microsoft Edge Chromium

Mungkin sudah satu tahun berlalu sejak Microsoft memutuskan untuk meninggalkan Microsoft Edge lama mereka dan membangun Microsoft Edge baru dengan basis Chromium.

Setelah satu tahun memasuki masa pengembangan atau beta, akhirnya tahun 2020 ini Microsoft Edge baru dengan basis Chromium akhirnya lepas dari masa beta-nya dan bisa digunakan oleh orang banyak.

Dengan basis Chromium yang mereka gunakan, Microsoft Edge baru ini hadir dengan sebuah fitur yang unik. Yaitu kemampuan untuk menginstall dan menggunakan ekstensi dari browser lain.

Dengan fitur ini, membuat Microsoft Edge tidak hanya bisa memasang dan menggunakan ekstensi dari Microsoft Store, tetapi juga ekstensi yang didapat dari Chrome Web Store.

Install Ekstensi di Microsoft Edge Chromium

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara install ekstensi di Microsoft Edge Chromium dari dua sumber, yaitu Microsoft Store dan Chrome Web Store. Jadi simak cara-caranya di bawah ini.

Catatan: Pastikan sobat sudah terlebih dahulu mendownload Microsoft Edge terbaru yang berbasis Chromium dan menginstallnya.

Microsoft Store

Menginstall ekstensi

Simak langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Sobat buka dulu Microsoft Edge sobat.

Langkah 2: Selanjutnya masuk ke halaman ekstensi. Untuk melakukan ini sobat cukup tekan tombol tiga titik yang ada di pojok kanan atas Microsoft Edge, lalu kemudian tekan tulisan “Extensions” dari daftar menu.

Tekan tombol tiga titik di pojok kanan atas, lalu tekan pada tulisan Extensions di daftar menu.

Langkah 3: Di bagian kiri halaman ekstensi, sobat akan menemukan sebuah tulisan “Get extensions from Microsoft Store.” Sobat tekan tulisan tersebut.

Masuk di halaman ekstensi, di bagian kiri tekan tulisan Get extensions from Microsoft Store.

Langkah 4: Sebuah halaman khusus ekstensi di Microsoft Store akan terbuka. Di sana sobat bisa menemukan berbagai macam ekstensi dengan fungsi yang juga beragam.

Sobat cari ekstensi yang ingin sobat pasang di sana. Jika sudah ketemu, sobat kemudian tekan pada tombol “Get” berwarna biru yang terletak di bagian kanan, seperti pada gambar di bawah ini.

Di halaman khusus ekstensi di Microsoft Store, cari ekstensi yang ingin dipasang, lalu tekan tombol Get untuk menginstall ekstensi.

Langkah 5: Selanjutnya sebuah pesan akan muncul di Microsoft Edge. Pesan tersebut akan berisi nama ekstensi yang ingin sobat install beserta apa saja yang bisa ekstensi tersebut lakukan. Sobat cukup tekan pada tombol “Add Extension.”

Akan muncul pesan di Microsoft Edge, di pesan itu sobat tekan tombol Add extension.

Langkah 6: Setelah ekstensinya berhasil terinstall, Microsoft Edge akan menampilkan pesan konfirmasi instalasi sukses. Icon ekstensi yang sobat install akan muncul di kanan address bar, dan juga akan muncul di halaman ekstensi di Microsoft Edge.

Menggunakan ekstensi yang terinstall

Untuk menggunakan ekstensi sendiri sangatlah mudah. Sobat cukup tekan pada icon ekstensi yang ada di kanan address untuk berinteraksi dengan ekstensi tersebut.

Untuk menggunakan ekstensi yang terinstall, tekan icon ekstensi yang ada di kanan address bar untuk berinteraksi dengan ekstensi tersebut.

Pengaturan tambahan

Sobat bisa melakukan beberapa pengaturan tambahan terhadap ekstensi yang terinstall di Microsoft Edge lewat halaman ekstensi.

Di halaman tersebut, semua ekstensi yang terpasang akan dapat sobat temukan.

Masuk ke halaman ekstensi di Microsoft Edge, sobat akan menemukan ekstensi yang terinstall, dan sobat juga bisa melakukan pengaturan tambahan di sana, seperti Details untuk informasi lengkap suatu ekstensi, Remove untuk menghapus ekstensi, dan tombol Disable untuk mematikan ekstensi.

Di setiap ekstensi tersebut terdapat tiga buah tombol yang memiliki fungsi yang berbeda, tombol-tombol tersebut antara lain:

  • Tombol “Details,” adalah tombol yang jika sobat tekan akan menampilkan informasi lengkap dari ekstensi tersebut.
  • Tombol “Remove,” seperti namanya, adalah tombol untuk menghapus ekstensi dari Microsoft Edge.
  • Tombol warna biru di bagian kanan adalah tombol “Disable,” gunanya adalah untuk mematikan ekstensi yang tidak ingin sobat pakai tanpa harus menghapus ekstensi tersebut dari Microsoft Edge.
    Menekan tombol ini kembali setelah sobat mematikan ekstensi, akan menghidupkan kembali ekstensi tersebut.

Chrome Web Store

Menginstall ekstensi

Untuk menginstall ekstensi dari tempat lain seperti Chrome Web Store, akan memerlukan sebuah pengaturan tambahan. Simak langkahnya berikut ini.

Catatan: Sebelum kita mulai, perlu diingat kalau ekstensi yang akan sobat install dari sumber lain, belum tentu aman dan dapat bekerja baik dengan Microsoft Edge. Maklum saja karena ekstensi itu memang hanya didesain untuk browser lain bukan untuk Microsoft Edge.

Langkah 1: Sobat buka Microsoft Edge Chromium sobat jika belum.

Langkah 2: Selanjutnya sobat masuk ke halaman ekstensi dengan menekan tombol tiga titik di pojok kanan atas, kemudian tekan pada tulisan “Extensions”

Masuk ke halaman ekstensi di Microsoft Edge dengan menekan tombol tiga titik di pojok kanan atas, kemudian tekan pada tulisan Extensions.

Langkah 3: Di bagian kiri di halaman ekstensi, sobat akan menemukan sebuah tulisan “Allow extensions from other stores.” Sobat tekan tombol yang ada di kanan tulisan tersebut.

Di halaman ekstensi di bagian kiri, tekan tombol yang ada di kanan tulisan Allow extensions from other stores.

Langkah 4: Sebuah pesan peringatan akan muncul. Sobat cukup tekan pada tombol “Allow.”

Ketika sebuah pesan peringatan muncul, tekan tombol Allow.

Langkah 5: Kemudian sobat buka Chrome Web Store dan cari ekstensi yang sobat ingin install. Jika sudah ketemu, sobat tekan tombol “Add to Chrome.”

Masuk ke halaman Chrome Web Store, lalu cari ekstensi yang ingin diinstall. Jika sudah ketemu kemudian tekan tombol Add to Chrome.

Langkah 6: Sebuah pesan berisi nama ekstensi dan apa yang ekstensi itu bisa lakukan akan muncul. Sobat cukup tekan tombol “Add extension” dan proses install akan berjalan.

Sebuah pesan akan muncul. Di pesan itu cukup tekan tombol Add extension.

Langkah 7: Setelah ekstensi berhasil terinstall, sebuah pesan akan muncul dan icon ekstensi tersebut juga akan muncul di kanan address bar. Sobat juga akan menemukan ekstensi tersebut di halaman ekstensi tepat di bawah tulisan “From other sources.”

Ketika ekstensi sukses terinstall maka akan muncul pesan dan icon ekstensi di kanan address bar. Di halaman ekstensi juga akan ditemukan ekstensi yang terinstall di bawah nama From other sources.

Menggunakan ekstensi

Untuk menggunakan ekstensi dari toko lain sebenarnya sama saja seperti ekstensi yang didapat dari Microsoft Store.

Untuk menggunakan ekstensi cukup tekan pada icon yang ada di kanan address bar.

Sobat hanya perlu menekan icon ekstensi yang ada di kanan address bar untuk berinteraksi dengan ekstensi tersebut.

Pengaturan tambahan

Untuk pengaturan tambahan, sama saja seperti ekstensi dari Microsoft Store. Sobat dapat menghapus, mematikan, dan melihat informasi lengkap suatu ekstensi dari halaman ekstensi di Microsoft Edge.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *