Cara Download Video Youtube di Komputer dengan Mudah

By | April 25, 2019
cara download vidoe youtube di komputer

Youtube adalah sebuah website yang menyediakan hiburan berupa video untuk para penontonnya. Tentunya baik saya maupun sobat sekalian, sudah menghabiskan banyak waktu untuk menonton video di Youtube. Tetapi terkadang tidak sedikit youtuber yang kadang menghapus atau menyembunyikan video mereka karena beberapa hal.

Sebelum video tersebut dihapus atau disembunyikan, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi dengan sobat cara bagaimana untuk men-download video youtube di komputer sobat dengan mudah.

Cara Download Video Youtube

Terdapat dua cara untuk mengunduh video dari Youtube, yang pertama adalah dengan memanfaatkan website seperti safefrom.net, dan yang kedua adalah dengan memanfaatkan ekstensi IDM di browser sobat.

Untuk objek yang akan dijadikan contoh pada artikel saya hari ini, saya akan mengambil salah satu video dari LinusTechTips.

Link video tersebut adalah ini https://www.youtube.com/watch?v=yd4T78x6Zhc

Perhatikan kualitas video yang terdapat pada link tersebut, jika sobat perhatikan maka kualitas maksimal video di atas adalah 4K atau terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

kualitas video youtube

Unduh Video Youtube dengan Savefrom.net

Untuk men-download video dengan menggunakan savefrom.net, sobat cukup mengubah sedikit link Youtube di atas. Sobat hanya perlu menambahkan ss di depan tulisan youtube.

Sehingga link yang telah diubah akan kelihatan seperti ini https://www.ssyoutube.com/watch?v=yd4T78x6Zhc

Bukalah link tersebut dan sobat akan disuguhi dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.

unduh video youtube dengan saveform.net

Sobat kemudian tekan tulisan Download without installtion, tunggu sesaat maka tampilan website tersebut akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.

download video youtube dengan savefrom.net

Seperti yang sobat lihat akan ada pilihan kualitas video untuk sobat download yang terletak di samping tombol Download. Ketika sobat klik dan kemudian klik lagi More, maka akan muncul banyak sekali pilihan kualitas video seperti gambar di atas.

Kemudian sobat cukup memilih kualitas video yang sobat inginkan, dan kemudian tekan tombol Download. Maka video Youtube tersebut akan bisa sobat unduh.

Kekurangan dari Cara Ini

Apabila sobat mengikuti langkah saya sampai saat ini, saya yakin sobat sudah sadar mengenai kekurangan dalam mengunduh video Youtube dengan menggunakan savefrom.net.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, kualitas maksimal dari video ini adalah 4K. Savefrom.net sendiri juga menyediakan link video untuk kualitas tersebut. Tetapi apabila sobat lihat dengan teliti, maka sobat dapat melihat bahwa pada kualitas di atas 720p, terdapat gambar merah yang menandakan bahwa tidak ada suara pada video kualitas tersebut.

Itulah yang merupakan kekurangan dari cara ini, yaitu savefrom.net melimitasi suara video hanya muncul pada kualitas 720p.

Kelebihan dari Cara Ini

Kelebihan dari cara ini adalah sobat tidak perlu aplikasi tambahan sama sekai, sobat hanya perlu mengubah sedikit link yang ada, dan sobat sudah dapat mengunduh video yang sobat inginkan.

Asalkan yang penting kualitas video yang ingin sobat download tidak lebih dari 720p maka cara ini merupakah salah cara yang paiing gampang dah efisien.

Download Video Youtube dengan Ekstensi IDM

Cara ini akan jauh lebih gampang apabila pada komputer sobat sudah terinstall IDM dan juga ekstensi IDM itu sendiri.

Yang perlu sobat lakukan adalah hanya perlu mengakses link Youtube tersebut, lalu play. Nantinya akan muncul sebuah tombol bertuliskan Download this video yang dapat sobat tekan.

Tekanlah tombo tersebut, maka sobat akan disuguhkan dengan banyak sekali piilhan kualitas video yang dapat sobat pilih. Sobat dapat memilih salah satu kualitas yasng sobat inginkan atau sobat juga dapat mengunduh semua kualitas video yang ada.

banyak pilihan kualitas yang bisa di download

Ketika sobat sudah memilih maka IDM akan memunculkan jendela download seperti gambar di bawah.

unduh video dengan IDM

Tekan Start Download, maka proses download-pun akan dimulai.

Kekurangan dari Cara Ini

Sebenarnya tidak saya tidak melihat adanya kekurangan dari cara ini sama sekali, selain dari fakta bahwa sobat harus memiliki aplikasi IDM atau sejenis yang memiliki fungsi yang serupa pada komputer sobat.

Baca juga : Cara Reset Trial Internet Download Manager dengan Mudah

Kelebihan dari Cara Ini

Tentu saja asalkan sobat memiliki aplikasi IDM di komputer sobat maka cara ini jauh lebih mudah dibanding dengan cara savefrom.net. Sobat tidak perlu repot-repot mengubah link untuk men-download video yang sobat inginkan.

Kesimpulan

Jadi untuk mengunduh video Youtube di komputer sangatlah mudah. Saya yakin masih ada cara lain untuk mengunduh video tersebut selain dua cara yang sudah saya sebutkan di atas. Tetapi saya yakin cara saya merupakan salah satu cara yang paling gampang dan singkat untuk diikuti.

Sekian artikel saya sampai disini, saya berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *