Cara Download Video TikTok di Komputer dan Hp (Mobile)

By | November 20, 2019
Cara Download Video TikTok di Komputer dan Hp (Mobile)

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi TikTok? Tempat di mana banyak sekali video kreatif nan kocak bermunculan bahkan ada yang sempat viral di Youtube. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara download video TikTok di komputer dan Hp (mobile) sobat.

Kenapa Sobat Harus Download Video TikTok?

Terdapat beberapa alasan kenapa sobat mungkin menginginkan video dari TikTok.

TikTok hadir dengan hiburan yang unik dan segar tanpa hentinya. Dan sejak aplikasinya tidak mendukung mode offline, sobat harus mendownload video yang sobat ingin tonton berikutnya ketika tidak ada koneksi internet di dekat sobat.

Ditambah lagi, sobat mungkin lebih memilih membagikan video dibanding dengan link di aplikasi chatting. TikTok sendiri tidak hanya berisi tentang video lip-sync atau bodoh saja. Tetapi juga memiliki video seperti tutorial memasak dan lain-lain. Maka dari itu sobat mungkin pengen menyimpan resep masakan dari video tersebut untuk sobat coba masak berkutnya.

Seperti yang akan kita bahas pada artikel ini, TikTok memang mengijinkan sobat untuk mendownload video milik orang lain. Tetapi sobat harus tetap ingat bahwa sobat jangan gunakan video tersebut diluar keperluan pribadi.

Cara Download Video TikTok di Android atau iOS

TikTok sendiri menawarkan fitur tombol download di aplikasi Android dan iOSnya. Yang dengan langsung menyimpan video yang sobat tonton ke penyimpanan hp sobat.

Baca juga : Cara Download Video Youtube di Komputer dengan Mudah

Mari saja langsung kita bahas.

Pertama

Sobat buka aplikasi TikTok di perangkat sobat. Pastikan sobat sudah log-in ke TikTok dengan akun sobat, karena fitur download video hanya bekerja ketika sobat sudah log-in dengan akun sobat.

Kedua

Buka video yang sobat ingin download atau unduh. Hal ini wajib.

Ketiga

Setelah video TikTok-nya berjalan tekan sekali pada layar. Nanti akan muncul banyak tombol atau icon pada bagian kanan bawah layar sobat.

Kemudian sobat tekan pada tombol yang ada tulisan Share. Nanti akan muncul jendela dengan tulisan Share to seperti gambar di bawah ini.

tekan share, lalu tekan pada save video untuk download video tiktok

Nah di sana sobat akan menemukan tombol yang ada tulisan Save video. Tekan tombol itu.

Keempat

Setelah tombol download sobat tekan, maka proses download video TikTok pun akan dimulai.

Cara Download Video TikTok Sebagai Sebuah GIF

Sobat juga bisa mengunduh video sebagai GIF (gambar bergerak tanpa suara). Hampir sama seperti langkah di atas, bedanya sobat tekan tombol yang bertuliskan Share as GIF dibanding tulisan Save video. Tombol Share as GIF sendiri berada pada baris yang sama dengan tombol Save video, cuma posisinya cuma lebih ke kanan.

Ketika tombol tersebut sobat tekan, TikTok akan mengijinkan sobat untuk memotong (clip) video sesuai dengan ukuran yang sobat inginkan. Setelah itu tekan tombol Generate dan file GIF-pun akan tersimpan di Hp sobat.

Cara Download Video TikTok di Komputer

Tidak seperti aplikasi Hp, opsi download-nya TikTok tidak tersedia di versi website mereka. Jadi sobat harus gunakan alat pihak ketiga untuk mendownload video ke komputer sobat.

TikTok Videos Downloader

Sebuah website yaitu TikTok Videos Downloader, mampu membuat sobat menyimpan video TikTok pada resolusi aslinya. Yang perlu sobat lakukan hanyalah memasukkan link video TikTok yang sobat inginkan.

Nah untuk mendapatkan link tersebut, buka videonya di browser sobat, dan copy alamat URL yang bisa sobat dapatkan pada address bar atau kotak alamat situs di browser sobat.

salin link video tiktok, lalu tekan download, kemudian pilih format untuk downlaod video tiktok di komputer.

Saat mendapatkan link-nya, pergi ke website tersebut. Dan kemudian letakkan linknya pada kotak yang sudah disediakan seperti gambar di atas. Kemudian tekan tombol Download.

Nanti akan muncul format yang sobat bisa pilih, yaitu antara video atau file audio MP3. Pilih saja salah satu, dan proses download-pun akan dimulai.

Instant – Ekstensi browser untuk Google Chrome

Selain website pihak ketiga, sobat juga bisa menggunakan ekstensi browser Google Chrome yang bernama Instant dan sobat tidak perlu lagi repot-repot copy paste link video yang sobat ingin download.

Pertama

Setelah ekstensi browser tersebut sobat download, sobat akan menemukan icon atau gambar petir yang terdapat pada pojok kanan atas Google Chrome.

Setelah itu sobat akses video TikTok yang sobat ingin download videonya. Kemudian sobat tekan gambar atau icon petir tersebut untuk melakukan bookmark pada video tersebut.

Kedua

instant - ekstensi google chrome untuk download video tiktok

Kemudian sobat klik kanan pada gambar atau icon petir tersebut, dan pilih pada Options. Nanti akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar di atas, di mana sobat akan menemukan semua video yang sobat bookmark.

Ketiga

Untuk mengunduh video ke komputer sobat, arahkan mouse sobat ke video yang sobat inginkan, dan kemudian tekan pada tombol panah berwarna oren.

Keempat

Saat tombol panah oren ditekan, maka proses download pun akan berlangsung!

Kesimpulan

Sobat bisa download video TikTok baik lewat hp (mobile) maupun lewat komputer. Kalau dari hp aplikasi TikTok-nya sendiri yang menyediakan fitur download video, bahkan sobat bisa mengubah video tersebut menjadi file GIF. Nah untuk komputer sayangnya sobat perlu pakai aplikasi atau website pihak ketiga untuk mendownload video TikTok.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *