Cara Download Offline Installer Untuk Google Chrome

By | September 16, 2019
Cara Download Offline Installer Untuk Google Chrome

Ketika sobat men-download Google Chrome dari internet pasti sobat bingung kenapa ukuran file .exe-nya kurang dari 1MB. Yang sobat download adalah versi web dari installer Chrome. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara download offline installer untuk Google Chrome.

Apa itu Offline Installer?

Mungkin ada beberapa dari sobat sekalian yang tidak mengerti apa maksud dari kedua kata di atas. Tetapi sebenarnya menjelaskannya sedikit gampang.

Offline installer adalah versi installer yang tidak akan memerlukan koneksi internet sama sekali ketika sobat melakukan proses instalasi pada Google Chrome. Sehingga file .exe yang sobat download akan memiliki ukuran yang besar hingga berpuluh-puluh MB.

Jika sobat mengunduh instalasi Google Chrome dengan cara biasa, maka sobat akan mendapatkan versi web installer. Pada versi ini, sobat akan memerlukan koneksi instalasi ketika melakukan proses instalasi. Maka dari itu file .exe yang sobat download hanya akan berukuran kurang lebih dari 1MB.

Offline Installer vs Web Installer – Mana yang Lebih Baik?

Kalau sobat bertanya-tanya tentang mana yang lebih baik dari kedua versi installer tersebut, jawabannya tergantung situasi.

Untuk web installer, jauh lebih cocok untuk orang yang memiliki koneksi internet cepat dan tanpa batas. Dengan kondisi internet seperti itu mereka hanya perlu memakai file installer yang ukurannya di bawah 1MB. Sangat kecil dan muat dalam berbagai jenis penyimpanan apapun.

Untuk offline installer, memang jauh lebih cocok untuk orang yang koneksi internetnya lambar atau memiliki batasan kuota. Terlebih lagi untuk orang-orang yang suka sekali install dan uninstall browser Chrome mereka karena alasan tertentu.

Dari pihak Google-nya sendiri, saya rasa mereka lebih memilih versi web installer. Alasannya karena ketika sobat mengakses website mereka untuk mendapatkan installer yang sobat perlukan, mereka akan memberikan versi web installer. Sedangkan untuk versi offline installer-nya mereka sembunyikan.

Untungnya dengan mengikuti langkah di bawah ini, sobat akan bisa mengakses website mereka yang menyediakan versi offline yang sobat perlukan.

Cara Download Offline Installer Untuk Google Chrome

Mari saja kita langsung bahas. Dan sebenarnya sangat mudah sekali.

Pertama

Sobat cukup akses website ini. Nantinya sobat akan melihat tampilan halawan website seperti gambar di bawah ini.

akses website khusus offline installer, kemudian tekan download chrome

Sobat tekan tombol biru yang bertuliskan Download Chrome.

Kedua

Setelah tombol tersebut sobat tekan, nantinya akan muncul sebuah jendela yang berjudul Download Chrome for Windows atau seperti gambar di bawah ini.

hapus centangan help make google chrome better, kemudian tekan accept and install

Sobat kemudian hilangkan centang yang bertuliskan Help make Google Chrome better. Lalu tekan tombol biru yang bertuliskan Accept and Install.

Ketiga

Setelah sobat menekan tombol tersebut, maka proses download akan langsung segera dimulai. Apabila sobat punya aplikasi download seperti Internet Download Manager, maka sobat akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

proses download offline installer untuk google chrome

Baca juga : Cara Reset Trial Internet Download Manager dengan Mudah

Keempat

Biarkan proses download berjalan hingga selesai dan selamat! sobat berhasil mendapatkan file instalasi offline untuk browser Google Chrome!

Kesimpulan

Instalasi offline untuk browser Google Chrome itu ada dan bisa sobat dapatkan dengan melakukan cara yang saya tulis di atas. Instalasi ini sendiri lebih ditujukan untuk sobat yang memiliki internet lambar dan terbatas.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *