Cara Claim Game Gratis dari Epic Games Store

By | July 18, 2018
cara claim gratis dari epic games store

Epic Games Store merupakan salah satu toko yang menjual game seperti Steam. Epic Games Store didirikan oleh Epic Games, yang juga merupakan pencipta dari salah satu game battle-royale terkenal, yaitu Fortnite.

Seperti sebuah toko pada umumnya, Epic Games Store juga sering mengadakan promo-promo seperti diskon dan bahkan hingga memberikan game secara cuma-cuma untuk para penggunanya.

Game gratis yang dibagikan sendiri menurut saya bukan main-main. Game pertama yang mereka pernah bagikan adalah Subnautica, yang merupakan salah satu game ber-genre survival crafting populer berharga sekitar 100 ribu rupiah di Steam.

Dan berselang artikel ini saya update pada bulan Juni 2020, Epic Games Store sudah membagikan banyak game yang sangat menarik. Seperti GTA V, Borderland 2, dan bahkan CIV VI.

Tentu saja untuk sobat yang ingin sekali mendapatkan game gratis, tidak akan melewatkan promo-promo seperti ini. Dan artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk claim game gratis di Epic Games Store.

Promo game gratis tidak berlangsung selamanya

Sama seperti toko pada umumnya, promo diskon dan game gratis di Epic Games Store hanya bersifat sementara. Itu berarti kalau sobat tidak cepat-cepat claim dan melewatkan promo ini, maka hilang kesempatan sobat untuk mendapatkan game tersebut.

Memang sih bisa jadi game yang sama akan kembali di gratisan di kemudian hari, tetapi tidak akan ada yang tahu berapa lama sobat harus menunggu hingga hari itu tiba.

Jadi cepat-cepatlah claim game gratisnya, jangan nunggu di akhir-akhir atau sobat akan menyesal. Toh juga selama sobat sudah claim game tersebut, game itu akan tetap bisa sobat mainkan kapanpun yang sobat mau.

Cara claim game gratis dari Epic Games Store

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus sobat lakukan untuk bisa claim game gratis dari Epic Games Store, jadi tolong disimak dengan baik yaa…

1. Login dulu ke Epic Games Store

Untuk login, pertama sobat buka dulu halaman utama dari Epic Games Store. Jika sudah terbuka, sobat kemudian tekan pada tombol SIGN IN yang bisa sobat temukan pada bagian kanan atas website. Tombolnya sendiri terlihat seperti gambar di bawah ini.

Tekan tombol SIGN IN dan kemudian masukkan akun Epic Games Store sobat.

Buat sobat yang mengaksesnya dengan menggunakan ponsel, maka sobat harus tekan dulu tombol tiga garis di kanan atas website, nanti sobat akan menemukan tombol SIGN IN di menu yang muncul.

Untuk sobat yang tidak memiliki akun di Epic Games Store, maka sobat harus membuatnya terlebih dahulu melalui link ini.

2. Pilih game yang sedang gratis

Biasanya setelah sobat berhasil login maupun berhasil membuat akun di Epic Games Store, sobat akan dikembalikan ke halaman utama.

Di halaman tersebut, sobat harus scroll ke bawah hingga sobat menemukan bagian yang memiliki tulisan Free Games. Kalau sudah ketemu, sobat kemudian klik pada game yang lagi gratis pada saat itu. Game yang gratis akan memiliki sebuah tulisan FREE NOW seperti pada gambar yang ada di bawah ini.

Di halaman utama cari bagian Free Games, dan klik pada game yang sedang gratis.

3. Selesaikan proses claim game-nya

Setelah sobat menemukan game yang lagi gratis dan sudah masuk ke halaman game gratis tersebut, langkah berikutnya sangatlah mudah.

Sobat pertama tekan tombol GET biasa terletak pada bagian kanan bawah halaman tersebut.

Tekan tombol GET di halaman game.

Setelah itu akan muncul sebuah jendela checkout. Di jendela tersebut sobat cukup tekan pada tombol PLACE ORDER yang lokasinya juga berada di kanan bawah.

Tekan tombol PLACE ORDER di jendela checkout.

Kemudian sobat tinggal menunggu game sobat diproses oleh Epic Games Store-nya. Proses ini sendiri tidaklah lama. Dan ketika proses ini sudah selesai, maka sobat akan mendapatkan sebuah pesan THANK YOU FOR BUYING [nama game yang sobat beli], seperti gambar di bawah ini.

Tunggu game diproses hingga mendapatkan pesan THANK YOU FOR BUYING [nama game].

Cara Mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA)

Epic Games pernah menggunakan 2FA ini sebagai salah satu syarat yang harus sobat penuhi agar bisa melakukan claim game gratis. Game yang sempat memerlukan syarat ini sendiri adalah GTA V yang digratiskan pada bulan Mei lalu.

Meskipun setelah GTA V tidak ada lagi game lain yang memerlukan 2FA, tetapi kita tidak tahu ke depannya bagaimana. Itulah kenapa saya memasukkan langkah mengaktifkan 2FA di artikel ini untuk sobat sekalian.

1. Masuk ke halaman pengaturan password

Agar bisa mengaktifkan 2FA ini sendiri, seperti biasa sobat harus login ke akun sobat terlebih dahulu. Sesudah login, sobat buka link ini untuk mengakses halaman pengaturan password untuk akun sobat.

2. Pilih satu dari tiga jenis otentikasi yang ada

Setelah masuk ke halaman pengaturan password, sobat cukup scroll ke bawah dan sobat akan menemukan bagian yang bertuliskan TWO-FACTOR AUTHENTICATION.

Ada tiga jenis authentication yang bisa dipilih untuk two-factor authentication (2FA).

Di bawahnya sobat akan menemukan tiga jenis otentikasi yang disediakan oleh Epic Games, ketika jenis itu adalah:

  • Authenticator App, jenis otentikasi yang menggunakan aplikasi otentikasi seperti
    • Google Authenticator
    • LassPass Authenticator
    • Microsoft Authenticator
    • Authy
  • SMS Authentication, jenis otentikasi yang akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telpon sobat lewat media SMS. Itulah kenapa sobat akan perlu untuk memasukkan nomor telpon sobat.
  • Email Authentication, jenis otentikasi yang akan mengirimkan kode verifikasi ke Email yang sobat gunakan untuk mendaftar ke Epic Games Store.

Kalau sobat yang mau gampang saya sarankan untuk memilih Email Authentication, karena sobat sudah menggunakan Email untuk membuat akun di Epic Games Store.

Kalau sobat yang ingin keamanan lebih saya sarankan memilih antara SMS Authentication atau Authenticator App, karena hanya sobat yang bisa mengakses nomor telpon atau aplikasi otentikasi yang ada.

3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan

Jika sobat memilih otentikasi SMS atau Email, maka akan ada sebuah kode yang dikirimkan ke sobat. Untuk yang menggunakan App Authenticator, cukup memasukkan kode yang muncul di aplikasi tersebut.

Catatan: Untuk sobat yang memilih otentikasi Email, tetapi tidak mendapatkan Email berisi kode verifikasi, coba periksa ke folder spam.

Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukan ke kolom yang sudah disediakan oleh Epic Games Store, lalu tekan tombol CONTINUE. Jika sudah maka 2FA sudah berhaisl sobat aktifkan.

Masukkan kode verifikasi yang didapat ke kolom yang disediakan dan tekan tombol CONTINUE.

Cara download dan memainkan game yang di-claim

Setelah game sudah di-claim, maka yang selanjutnya sobat lakukan adalah tentu saja memainkan game tersebut. Berikut langkahnya.

1. Download dan install Epic Games Launcher

Sama seperti toko lainnya, sobat harus mengakses Epic Games Launcher untuk bisa mendownload dan memainkan game yang sudah sobat miliki. Sobat cukup download Launcher tersebut dengan menggunakan link ini. Setelah didownload, sobat install Lancher tersebut.

2. Login ke Epic Games Launcher

Sesudah terinstall ke komputer sobat, jalankan Launcher tersebut. Nanti sobat akan mendapatkan sebuah halaman untuk login. Login dengan menggunakan akun sobat.

3. Download data game yang sobat inginkan

Setelah berhasil login, sobat akan menemukan sebuah library yang berisi semua game yang sobat miliki. Sobat pilih game yang ingin dimainkan. Kemudian download data game tersebut. Proses download dan instalasi akan berjalan otomatis jadi sobat cukup tunggu saja hingga selesai.

4. Jalankan game yang selesai terinstall

Sesudah game berhasil terinstall, sobat bisa menjalankan game tersebut lewat Launcher, maupun lewat shortcut yang dibuat secara otomatis ketika game tersebut diinstall tadi.

Penutup

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat yang ingin meng-claim game gratis di Epic Games Store. Sampai jumpa lagi di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *