Cara Blokir Website di Google Chrome

By | November 22, 2019
Cara Blokir Website di Google Chrome

Mencegak anak untuk mengakses website tertentu? Tidak ingin teman sobat mengakses website yang sobat tidak inginkan? Atau tidak ingin aktivitas sobat terganggu karena sobat tidak bisa lepas dari sosial media? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara blokir website di Google Chrome.

Cara Cepat Blokir Website untuk Sobat

Untuk blokir website secara cepat di Google Chrome sobat bisa menggunakan ekstensi bernama Block Site.

blokir website dengan ekstensi Google Chrome yang bernama Block Site

Dengan menginstall ekstensi itu, sobat akan bisa memblokir website apapun yang sobat inginkan, dan ekstensi tersebut akan menampilkan daftar website yang sobat blokir.

Sobat bahkan juga bisa menyiapkan redirection, di mana ketika sobat mengakses website yang sobat blokir, secara otomatis ekstensi akan mengarahkan sobat ke website lain yang sudah sobat siapkan. Sangat efektif buat sobat yang susah lepas dengan jejaring sosial.

Ekstensi ini juga mendukung penjadwalan, di mana sobat bisa membatasi kapan waktu sobat bisa mengakses jejaring sosial sobat (ketika istirahat kerja), dan di mana sobat tidak akan bisa mengaksesnya sama sekali (waktu jam kerja).

Tentunya sobat juga bisa menghapus website dari daftar website yang diblokir oleh ekstensi ini. Ekstensi ini juga punya fitur yang mampu mengunci diri dengan password sehingga ketika orang lain mencoba, menghapus website yang terblokir, mereka akan dihadang oleh password yang sobat pasang.

Orang berpengalaman pasti berpikir memblokir website dengan file hosts akan jauh lebih baik ketimbang ekstensi browser. Tetapi mereka salah. Alasannya browser seperti Google Chrome, tidak menghiraukan file hosts sama sekali. Ini bertujuan untuk mencegah pengalihan website yang diakses ke tempat lain yang berbahaya untuk komputer sobat.

Blokir Website untuk Anak Sobat

Ekstensi Chrome di atas akan bekerja baik untuk sobat, tetapi tidak untuk anak-anak sobat. Terlebih lagi merek bisa mengakses website dengan berbagai perangkat Android yang tidak tergapai oleh ekstensi ini.

blokir website dengan fitur pemblokir yang ada di router wi-fi sobat

Untungnya banyak router Wi-Fi punya fitur pemblokir website, dan akan bekerja lebih baik daripada ekstensi browser. Jika router sobat punya fitur tersebut, sobat bisa memasukkan website yang ingin sobat blokir, dan tidak ada siapapun yang menggunakan Wi-Fi sobat bisa mengaksesnya. Tentu saja orang masih bisa menggunakan VPN atau proxy untuk mengakses website yang sobat blokir.

Sobat mungkin juga ingin melihat aplikasi pengontrol website yang bisa diakses yang dapat di-install di komputer sobat. Ditambah dengan fitur dari sistem operasi sobat yang mungkin akan berguna.

Contohnya adalah fitur keluar yang ada di Windows 10, yang bisa sobat gunakan untuk memblokir website pada akun anak sobat. Di MacOS, fitur Screen Time bisa sobat gunakan. Dan pada Chromebook, sobat bisa gunakan Familiy Link untuk mengontrol website yang akun anak sobat dapat kunjungi.

Kesimpulan

Memblokir website untuk berbagai keperluan tidaklah aneh. Sobat mungkin ingin membatasi diri supaya tidak tergoda dengan jejaring sosial. Sobat mungkin tidak ingin anak sobat mengakses hal yang aneh-aneh. Atau ada situs yang sobat tidak ingin teman sobat akses. Dengan cara di atas sobat bisa gunakan untuk memenuhi keperluan tersebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *