Cara Blokir Iklan Tanpa Aplikasi di Android 9 Pie

By | November 11, 2019
Cara Blokir Iklan Tanpa Aplikasi di Android 9 Pie

Adblock atau pemblokir iklan pasti tidak akan bisa terlepaskan bagi banyak orang. Baik itu komputer atau smartphone, keberadaan iklan terkadang akan mengganggu aktivitas berselancar. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara blokir iklan tanpa aplikasi di Android 9 Pie.

Kenapa Android 9 Pie?

Ada alasan tersendiri kenapa artikel yang saya tulis hanya diperuntukkan untuk sobat yang perangkatnya sudah merupakan Android 9 Pie. Alasannya karena terdapat fitur Private DNS yang ditambahkan ke versi Android tersebut.

Fitur tersebut sendiri membuat sobat mampu menggunakan DNS yang sobat inginkan. Dan dengan DNS ini kita akan bisa memblokir iklan ketika kita mengakses sesuatu.

Sebenarnya cara ini juga bisa sobat lakukan pada versi Android sebelumnya, tetapi saya rasa akan memerlukan aplikasi tambahan sehingga tidak saya tulis di sini. Tetapi harusnya sobat tetap bisa menggunakan DNS dari artikel ini untuk memblokir iklan.

Kelebihan dan Kekurangan dari Menggunakan Private DNS untuk Blokir Iklan

Sebelum kita bahas tentang bagaimana caranya, rasanya tidak adil kalau saya tidak bahas plus minus dari menggunakan cara ini untuk memblokir iklan.

Kelebihan

  • Blokir iklan tidak hanya di browser tetapi di semua aplikasi yang terdapat iklannya.
  • Kecepatannya saya rasa tidak ada penurunan atau kalaupun ada tidak terlalu terasa.
  • Selain memblokir iklan dengan DNS ini sobat bisa mengakses website yang diblokir pemerintah (seperti reddit).
  • Tidak perlu aplikasi sehingga harusnya lebih hemat baterai.

Kekurangan

  • Meskipun iklan sukses diblokir tetapi kotak tempat di mana iklan tersebut berada tidak hilang, sehingga kesannya membuat website menjadi tidak rapi.
  • Kalau terkoneksi VPN kayaknya DNS ini tidak bisa dipakai.
  • Ada orang yang bilang kalau ping dari DNS ini tinggi, jadi saya sarankan untuk mematikan DNS ini ketika lagi main game.
  • Tidak akan bisa bekerja untuk aplikasi yang ada fitur DNS resolver seperti Google Chrome. Perlu pengaturan tambahan baru bisa digunakan (ada di bawah)
  • Tidak bisa filter website mana yang sobat mau munculkan iklannya.

Cara Blokir Iklan Tanpa Aplikasi di Android 9 Pie

Langsung saja kita bahas cara blokir iklannya.

Pertama

Sobat buka aplikasi Settings. Saya sangat yakin sobat yang membaca artikel ini paling tidak tahu gimana cara membuka Settings di perangkat sobat sendiri.

buka Settings lewat tampilan notifikasi.

Settings bisa sobat buka melalui tampilan notifikasi, maupun langsung dengan mencarinya dari sekumpulan aplikasi yang terinstall di perangkat sobat.

Kedua

Setelah sobat berhasil membuka Settings, kemudian cobat cari dan tekan pada menu Network & Internet. Kalau di perangkat saya yaitu Xiaomi Mi A2 Lite, lokasinya berada di paling atas seperti gambar di bawah ini. Untuk perangkat lain bisa jadi beda nama atau beda lokasi, yang penting sobat cari saja menu yang mengatur tentang internet di perangkat sobat.

Cari dan klik pada Network & Internet. Atau cari menu yang berhubungan dengan internet.

Ketiga

Saat berada di menu Network & Internet, sobat kemudian cari tulisan Private DNS. Kalau untuk perangkat saya langsung bisa ketemu ketika masuk ke menu Network & Internet seperti gambar di bawah ini. Setelah sobat ketemu tekan saja tulisan tersebut.

Cari dan tekan pada Private DNS untuk blokir iklan.

Kalau untuk perangkat lain silahkan menyesuaikan saja. Sobat juga bisa coba mengandalkan fitur pencarian yang ada di aplikasi Settings. Ketik saja DNS atau Private DNS.

Ketik DNS untuk mencari Private DNS, lewat fitur pencarian di Settings.

Keempat

Ketika sobat menekan tulisan Private DNS, nanti akan muncul satu buah jendela seperti gambar di bawah ini. Untuk judul jendelanya di tempat saya yaitu Select Private DNS Mode.

Pilih pada Private DNS provider hostname, lalu ketikkan dns.adguard.com. Kemudian tekan SAVE untuk blokir iklan

Nah seperti gambar di atas sobat pilih pada pilihan Private DNS provider hostname. Kemudian sobat ketikkan dns.adguard.com di kolom yang tersedia. Setelah itu sobat tekan SAVE.

Kelima

Selamat! Sobat akhirnya sukses memblokir iklan yang tidak sobat sukai!.

Pengaturan tambahan

Ini khusus untuk sobat yang menggunakan browser seperti Google Chrome yang memiliki fitur DNS resolver (semua browser yang berbasis Chromium). Ada yang harus sobat matikan untuk bisa menggunakan Private DNS pada browser kesukaan sobat.

Pertama

Pada Google Chrome, sobat ketik chrome://flags pada kolom tempat biasa sobat mengisi alamat pada suatu situs, kemudian akses alamat tersebut. Nanti sobat akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Ketik dan akses chrome://flags.

Kedua

Setelah sobat mengakses halaman chrome://flags sobat kemudian ketikkan async pada kotak pencarian. Jika yang sobat ketikkan benar, maka sobat akan mendapatkan hasil pencarian seperti gambar di bawah ini.

Ketik async pada kotak pencarian.

Ketiga

Kemudian sobat ubah pilihan pada Async DNS resolver dari yang awalnya Default ubah menjadi Disable.

Disable Async DNS resolver lalu tekan Relaunch untuk bisa blokir iklan lewat Chrome.

Sesaat setelah sobat ubah menjadi Disable maka akan langsung muncul tombol dengan tulisan Relaunch pada bagian bawah seperti gambar di atas. Sobat tekan tombol tersebut.

Keempat

Setelah Chrome sukses membuka ulang browsernya, maka selesailah sudah pengaturan tambahannya. Sobat silahkan menikmati berselancar di internet tanpa iklan!

Kesimpulan

Google memberikan fitur pada Android 9 Pie kemampuan untuk menggunakan DNS, yang akhirnya bisa kita manfaatkan untuk memblokir iklan yang terkadang mengganggu. Tetapi tetap, dukung website yang sobat ingin dukung dengan mematikan DNS tersebut pada website itu.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *