Berbagai Cara Dalam Membuka Task Manager di Windows 10

By | November 23, 2019
Berbagai Cara Dalam Membuka Task Manager di Windows 10

Task Manager merupakan salah satu aplikasi Windows yang penting dan sudah menemani kita dalam waktu yang lama. Selain menampilkan proses aplikasi yang berjalan, orang-orang juga suka menggunakannya untuk mematikan paksa aplikasi yang crash atau hang. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang berbagai cara dalam membuka Task Manager di Windows 10.

Dengan aplikasi yang sering gunakan ini di Windows 10 juga bisa sobat gunakan untuk melihat kartu grafis dan CPU apa yang sobat punyai di komputer sobat lho..

Baca juga : Cara Memeriksa Kartu Grafis (GPU) Apa yang Ada di Komputer Sobat

Baca juga : Cara Mengetahui CPU Apa yang Ada di Komputer Sobat

Berbagai Cara Dalam Membuka Task Manager di Windows 10

Mari saja kita bahas berbagai cara membuka aplikas ini di Windows 10.

1. Membuka Task Manager lewat shortcut keyboard

Merupakan salah satu cara yang baru tidak lama ini saya ketahui ketika saya lagi mencari referensi untuk menulis artikel.

Sobat cukup menekan tombol Win + Shift + Esc di keyboard sobat secara bersamaan dan Task Manager-pun akan terbuka.

Cara ini sangat cocok dan akan sangat berguna ketika sobat tidak bisa mengakses taskbar atau mouse yang sobat gunakan lagi bermasalah karena aplikasi tertentu.

2. Melalui taskbar pada Windows 10

Klik kanan task bar lalu klik pada Task Manager untuk membuka Task  Manager

Nah cara ini merupakan cara yang saya yakin banyak dari sobat yang sudah sangat familiar sekali dengan cara ini.

Cukup klik kanan pada area kosong yang terdapat pada taskbar sobat, dan akan muncul sebuah menu seperti gambar di bawah ini. Sobat kemudian tekan pada opsi yang bertuliskan Task Manager, dan aplikasi ini pun akan terbuka.

3. Membuka Task Manager lewat Windows Security Screen

tekan Ctrl + Alt + Del kemudian teka n pada Task Manager

Untuk ini merupakan salah satu jalan keluar untuk sobat yang tiba-tiba game yang dimainkan hang, yang membuat sobat tersangkut pada layar hitam dan tidak bisa menekan apapun dengan mouse.

Sobat tinggal menekan tombol shortcut Ctrl + Alt + Del dan tampilan Windows Security Screen pun akan muncul. Di sana sobat cukup tekan pada tulisan Task Manager yang terdapat pada daftar yang paling bawah seperti gambar di bawah ini.

4. Melalui Windows Run

Tekan Win + R lalu ketikkan taskmgr

Rupanya sobat juga bisa membuka Task Manager lewat Windows Run, ketka saya sendiri cuma pakai Windows Run buat membuat cmd ataupun dxdiag.

Cukup tekan tombol shortcut Win + R dan Windows Run pun akan muncul. Di sana sobat cukup ketikkan taskmgr seperti gambar di bawah ini, dan kemudian tekan tombol OK. Aplikasi tersebut pun akan segera terbuka sesaat sesudah tombol OK sobat tekan.

5. Melalui Startmenu

Klik kanan pada logo Windows lalu tekan pada Task Manager

Biasa saya sih sering pakai Startmenu buat membuka cmd sebagai admin. Tetapi sobat juga bisa pakai untuk membuka banyak hal yang salah satunya adalah Task Manager.

Sobat tinggal klik kanan pada logo Windows yang terdapat pada pojok kiri bawah layar sobat, atau dengan menekan tombol shortcut Win + X di keyboard sobat. Sebuah tampilan daftar menu pun akan muncul seperti gambar di bawah ini. Sobat kemudian tinggal tekan pada tulisan Task Manager untuk membukanya.

6. Lewat Command Prompt

Pada cmd ketikkan taskmgr

Rupanya lewat Command Prompt ternyata juga bisa. Cocok untuk sobat yang sering main-main dengan cmd ini.

Baca juga : Cara Mengubah Tampilan Command Prompt (cmd)

Sobat cukup ketikkan taskmgr di cmd sobat lalu tekan tombol Enter yang ada di keyboard sobat. Cmd-pun akan melaksanakan perintah sobat dan akan menjalankan Task Manager untuk sobat.

7. Buka Task Manager lewat fitur pencarian Windows 10

tekan logo kaca pembesar lalu ketikan task manager dan klik pada hasil pencarian.

Untuk membukanya lewat fitur pencarian sendiri lumayan banyak jenisnya.

  • Bisa dengan klik kiri pada logo Windows.
  • Lewat tombol Win yang ada pada keyboard sobat.
  • Atau lewat gambar kaca pembesar yang biasanya ada di sebelah kanan logo Windows seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu sobat tinggal ketikkan Task Manager, dan fitur pencarian otomatis akan aktif dan mencari apa yang sobat ketikkan.

Kemudian klik pada hasil yang ditampilkan oleh fitur pencarian akan membuka aplikasi yang sobat inginkan.

8. Lewat tombol Start pada Windows 10

Tekan logo Windows lalu cari folder Windows System, tekan, lalu klik pada Task Manager yang muncul.

Sampai di sini cara membuka aplikasi ini semakin ribet aja ya.

Sobat cukup klik kiri pada logo Windows sobat. Kemudian cari folder yang bernama Windows System di sana, setelah itu klik kiri pada folder tersebut. Nanti isi dari folder tersebut akan tertampil dan sobat cukup mencari Task Manager di sana dan menekannya.

Kesimpulan

Membuka Task Manager itu banyak caranya, dan saya sendiri sudah tulis semua (mungkin) cara yang bisa sobat gunakan. Saya sendiri menyarankan hanya menggunakan tiga cara teratas untuk membukanya karena sisanya menurut saya sudah sangat merepotkan.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *