Beberapa Program di Windows 10 yang Memakan Kuota

By | August 16, 2019
Beberapa Proram di Windows 10 yang Memakan Kuota

Ada beberapa program di Windows 10 yang menguras kuota yang mungkin tidak sobat ketahui. Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kepada sobat beberapa program yang memakan kuota sobat sekalian.

Beberapa Program di Windows 10 yang Memakan Kuota

Pada dasarnya program-program yang saya tuliskan merupakan hasil pengalaman saya mengamati penggunaan internet pada program tersebut. Sehingga kemungkinan akan ada perbedaan antara program di komputer saya dan program di komputer sobat sekalian.

1. Standalone Updater

Baru akhir-akhir ini saya temui bahwa program ini menguras kuota saya. Biasanya saya sering mengabaikan program ini karena memang tidak ada pergerakan internet sama sekali.

Program ini sendiri merupakan program updater untuk aplikasi OneDrive. Secara default OneDrive sendiri memang terpasang pada semua komputer yang memiliki Windows 10.

Jika sobat tidak memerlukan OneDrive, saya sarankan sebaiknya sobat uninstall saja OneDrive-nya. Sehingga kuota sobat tidak akan termakan untuk sebuah update terhadap program yang tidak sobat gunakan.

2. Google Installer

Program updater untuk browser Google Chrome. Apabila sobat memang menggunakan browser ini, dan memang ingin tetap up-to-date dengan versi browser-nya, maka memang tidak bisa dihindarkan lagi untuk kuota sobat tersedot oleh program ini.

3. Microsoft EdgeUpdate

Program yang sama seperti Google Installer, tetapi untuk browser Microsoft Edge versi Chromium.

Browser Edge Chromium yang masih didalam tahap pengembangan sendiri memang sering sekali memberikan update kepada penggunanya. Updatenya sendiri bervariasi, mulai dari seminggu sekali bahkan ada yang sampai sehari sekali. Jadi memang kalau mau tetap update dengan versi terbaru maka akan memerlukan banyak sekali kuota.

Baca juga : Microsoft Merilis Browser Microsoft Edge Berbasis Chromium

4. Delivery Optimization

Salah satu program yang mengaktifkan fitur dari Windows 10 yang paling kurang berguna untuk penggunanya di Indonesia.

Program ini sendiri bandel sekali dalam hal menyedot kuota. Meskipun sudah dimatikan lewat Settings tetap saja program ini terus-terusan menggunakan akses internet saya.

Program ini sendiri tidak dapat dimatikan lewat Services. Sehingga saya terpaksa untuk memblokir akses internet-nya dengan menggunakan NetLimiter.

Baca juga : Kontrol Koneksi Internet di Komputer dengan NetLimiter

5. Windows Update

Program updater untuk Windows 10. Memang saya tahu kalau update itu penting sekali untuk keamanan sistem. Tetapi saya yang memiliki kuota terbatas sekarang akan kesulitan sekali untuk terus-terusan update.

Tentu saja saya sangat menyarankan sobat untuk tetap mengupdate Windows 10 sobat. Ketika sobat pergi ke warkop atau tempat yang ada @Wifi.id mungkin, sobat bisa manfaatkan untuk mengupdate Windows 10 sobat.

Tetapi apabila sobat sama seperti saya yang terbatasi dengan kuota, sobat bisa blokir akses internet pada Windows Update dengan menggunakan NetLimiter ataupun program lainnya.

6. Background Intelligent Transfer Services

Saya tidak tahu sama sekali ini program buat apa. Tetapi yang saya tahu program ini sangat menyebalkan, karena sering sekali menguras kuota saya.

Awalnya saya pikir program ini merupakan program updater untuk Microsoft Edge versi chromium. Alasannya karena program inilah yang mengakses internet ketika browser tersebut sedang update. Tetapi akhir-akhir ini meskipun browser sedang tidak memiliki update, program ini tetap mengakses internet dengan jumlah yang banyak.

Sama seperti Delivery Optimization, program ini tidak dapat dimatikan bahkan lewat Services sekalipun. Alhasil saya pun harus menggunakan NetLimiter untuk memotong akses internet program ini.

7. Microsoft Office Click-to-Run (SxS)

Program yang pasti akan ada di komputer sobat apabila sobat memiliki Microsoft Office terinstall.

Program ini sendiri sayangnya tidak dapat dimatikan lewat Services. Ketika sobat matikan, maka Microsoft Office sobat pun tidak dapat sobat pakai sama sekali. Tetapi setidaknya sobat bisa memblokir akses internet dari program ini.

8. Microsoft Office SDX Helper

Program yang saya tidak tahu sama sekali gunanya apa. Tetapi yang saya tahu program ini sangat sering sekali menguras kuota saya. Tentunya sesuai dengan nama program-nya sendiri, program ini pasti memilki hubungan dengan Microsoft Office.

9. Office Telemetry Dashboard Agent

Program yang juga saya kurang tahu fungsinya buat apa. Tetapi program ini juga merupakan salah satu program yang menyedot banyak kuota.

Cara Mengatasi Program di Windows 10 dalam Memakan Kuota

Sobat sudah baca program-program yang memakan kuota menurut pengamatan saya selama ini di atas. Tentu saja sobat pasti bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengatasi program tersebut dalam memakan kuota?

Jika sobat baca tulisan saya di atas, sobat pasti tahu bahwa ada beberapa program yang bahkan tidak bisa dimatikan melalui Services sama sekali. Bahkan ada program yang apabila dimatikan akan berdampak pada program lainnya.

Menurut saya cara mengatasi yang paling aman adalah dengan memblokir akses internet pada program tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi seperti NetLimiter mampu melakukan tugas tersebut. Sobat juga bisa mencari aplikasi yang lain jika sobat mau.

Kesimpulan

Pasti ada program di Windows 10 yang akan terus menguras kuota kita ketika terhubung ke internet.

Bagi sobat yang memiliki kuota terbatas dalam mengakses internet, sobat wajib tetap waspada terhadap program-program yang ada di komputer sobat.

Tentunya sobat sendiri bisa mengatasi masalah kuota ini dengan memblokir program dari akses internet jika sobat mau.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya akan bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *