Bagaimana “Extended Security Updates” Akan Bekerja di Windows 7

By | February 11, 2020

Seperti yang sobat tahu, pada 14 Januari 2020 kemarin, Microsoft akhirnya menghentikan dukungan mereka untuk Windows 7. Ini artinya sobat yang masih menggunakan Windows 7 tidak akan lagi mendapatkan update keamanan dari Microsoft.

Tetapi untuk para pengguna Windows 7 Professional dan Enterprise, masih akan bisa mendapatkan update keamanan lanjutan apabila kalian mau membayar untuk mendapatkan update tersebut.

Fakta-Fakta yang Harus Sobat Ketahui Tentang Windows 7

1. Update keamanan yang biasa sudah berakhir pada 14 Januari 2020 kemarin

Iya seperti yang saya tulis di atas, pada 14 Januari 2020, Microsoft sudah meninggalkan Windows 7 dan tidak akan memberikan update keamanan lagi.

Tanggal itu juga bisa diartikan sebagai hari kematian untuk Windows 7, karena para pengembang software akan mulai menghentikan dukungan mereka ke Windows 7 di versi software terbaru mereka. Dan hardware baru juga bisa jadi tidak akan bekerja di Windows 7 jika pembuat hardware tidak memberikan dukungan terhadap Windows 7.

Pada akhirnya Windows 7 akan bernasib sama seperti Windows XP. Windows 7 akan mulai ditinggalkan oleh pengembang hardware dan software. Banyak celah keamanan akan mulai ditemukan di Windows 7, membuat sistem operasi ini menjadi semakin rentan. Dan Microsoft tidak akan memperbaiki celah keamanan itu lagi.

Dan akhirnya para pengguna akan meninggalkan Windows 7 ini dan beralih ke sistem operasi lain.

2. Microsoft mungkin masih akan memberikan update keamanan gratis

Sama seperti Windows XP, Windows 7 mungkin masih akan mendapatkan update keamanan dari Microsoft bahkan setelah mereka menghentikan dukungan mereka.

Pada tahun 2019 kemarin, lima tahun setelah Microsoft menghentikan dukungan mereka di Windows XP, mereka tiba-tiba saja memberikan update keamanan untuk Windows XP. Tetapi karena jalur Windows Update untuk XP sudah lama sekali dimatikan, para pengguna Windows XP harus menginstall update ini secara manual.

Dan Microsoft memang ada memberikan update keamanan untuk Windows 7. Pada awal bulan Februari 2020 kemarin, Microsoft memberikan sebuah update untuk mengatasi masalah wallpaper hitam yang diakibatkan oleh opsi “Stretch.”

Tetapi Microsoft sendiri tidak menutup semua celah keamanan yang ada di Windows XP. Itu berarti mereka juga tidak akan menutup semua celah keamanan di Windows 7.

Mereka hanya akan menutup celah keamanan yang sangat buruk sekali. Contohnya seperti celah di Windows XP yang berpotensi untuk menyebarkan malware melalui jaringan internet dan menginfeksi mesin dengan Windows XP lainnya. Celah seperti itu yang paling mungkin untuk ditutup oleh Microsoft.

Saya sendiri tidak menyarankan sobat untuk berharap agar semua celah keamanan di Windows 7 akan ditutup oleh Microsoft.

3. Organisasi atau perusahaan bisa mendapatkan “Extended Security Updates”

Untuk sobat yang menggunakan Windows 7 untuk penggunaan rumahan, ada baiknya sobat tinggalkan Windows 7 dan pindah ke Windows 10 yang lebih modern dan didukung oleh Microsoft.

Jika sobat punya software atau hardware yang memerlukan Windows 7 untuk bekerja, saya sarankan untuk tidak lagi menghubungkan komputer dengan Windows 7 tersebut ke internet. Atau ada baiknya untuk upgrade ke Windows 10 dan jalankan software tersebut menggunakan virtual machine di sana.

Tetapi untuk bisnis yang mungkin perlu waktu untuk melakukan upgrade, maka mereka dapat membeli update keamanan dari Microsoft. Artinya Microsoft akan terus membuat update keamanan, tetapi sobat harus membayar untuk mendapatkannya.

Tetapi tidak hanya perusahaan besar yang bisa membeli update ini, tetapi bahkan binis dengan skala apapun, baik itu besar ataupun kecil akan bisa untuk membelinya.

Meskipun begitu, Microsoft sendiri akan tetap mendorong organisasi atau perusahaan untuk segera melakukan upgrade. Microsoft akan menaikkan harga yang harus dibayarkan kalau mereka mau mendapatkan update keamanan di Windows 7. Diharapkan dengan semakin mahal biaya yang harus mereka bayarkan, mereka akhirnya memutuskan untuk pindah ke Windows 10.

4. Pengguna Windows 7 rumahan tidak akan bisa membeli “Extended Security Updates”

Pengguna Windows 7 rumahan tidak akan bisa membeli update ini. Mereka hanya akan tersedia untuk bisnis dan organisasi saja.

5. Harga yang harus dibayarkan untuk “Extended Security Updates” ini

Microsoft sendiri tidak merilis daftar harga secara publik. Tetapi berdasarkan zdnet.com berikut adalah harga yang harus dibayarkan, meskipun katanya harganya sendiri masih bisa dinego:

  • Untuk organisasi dengan Windows 7 Enterprise, update akan berharga $25 per perangkat di tahun pertama, $50 di tahun kedua, dan $100 di tahun ketiga.
  • Untuk organisasi dengan Windows 7 Professional, akan membayar $50 per perangkat di tahun pertama, $100 di tahun kedua, dan $200 di tahun ketiga.

Microsoft sendiri tidak menyatakan batas minimum perangkat yang diperlukan untuk membeli update ini. Jadi sobat bahkan bisa membeli update untuk satu perangkat saja.


Dengan Windows 7 masih terinstall di sekitar 35% komputer menurut netmarketshare.com. Jadi dapat dipastikan kalau masih banyak organisasi yang akan membayar untuk mendapatkan “Extended Security Updates.”

Untungnya buat sobat para pengguna rumahan, sobat masih bisa melakukan upgrade ke Windows 10 gratis jika sobat mau.


Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

One thought on “Bagaimana “Extended Security Updates” Akan Bekerja di Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *