Apakah Windows 10 Akan Tetap Update Ketika Komputer Sedang Tidur?

By | November 11, 2019
Apakah Windows 10 Akan Tetap Update Ketika Komputer Sedang Tidur?

Sebenarnya update yang sering dilakukan Windows 10 adalah untuk memperkuat keamanan pada perangkat sobat. Biasanya Windows 10 tidak akan menginstall update ketika berada pada Active hours atau waktu ketika sobat lagi pakai komputer sobat. Tetapi apakah ketika komputer sesdang tidur, Windows 10 akan tetap melakukan update?

Windows 10 Akan Membangunkan Komputer Sobat untuk Melakukan Update

Ketika komputer sobat sedang tidur (sleep), semua yang sedang sobat lakukan akan disimpan di RAM, lalu semua perangkat keras selain RAM akan dimatikan. Hal ini berguna untuk sobat yang meninggalkan pekerjaan untuk sementara, dan ingin menghemat baterai laptop.

Baca juga : Cara Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

Nah ketika komputer sobat sedang dalam keadaan tidur, biasanya kalau pengguna menekan tombol yang ada di komputer, maka komputernya akan kembali bangun. Tetapi ada juga fitur Wake Timers. Nah Windows Update akan menggunakan Wake Timers ini untuk menghidupkan komputer sobat ketika proses update dimulai.

Jadi kalau ini Wake Timers sobat matikan, maka Windows Update tidak akan bisa lagi membangunkan komputer sobat untuk melakukan proses update.

Mencegah Windows 10 dari Membangunkan Komputer dengan Mematikan Wake Timers

Mematikan Wake Timers akan membuat komputer sobat tidak akan bisa diaktifkan secara paksa oleh aplikasi bahkan Windows Update.

Langsung saja mari kita bahas.

Pertama

Sobat buka Control Panel. Untuk membukanya, bisa lewat Start Menu.

Kedua

Setelah Control Panel terbuka, sobat kemudian tekan menu System and Security seperti pada gambar di bawah ini.

klik pada System and Security yang sobat temukan di dalam Control Panel

Ketiga

Pada menu System and Security, sobat kemudian cari tulisan Change when the computer sleeps yang berada pada menu di bawah Power Options.

klik pada Change when the computer sleeps yang terdapat di bawah Power Options

Keempat

Kemudian sobat cari dan tekan tulisan Change advanced power settings seperti gambar di bawah ini.

Kemudian klik pada Change advanced power settings

Kelima

Nanti akan muncul jendela yang berjudul Power Options. Sobat kemudian cari pada tulisan Sleep, tekan + yang berada di samping Sleep.

Di sana sobat akan menemukan Allow wake timers dan tekan + yang berada pada samping tulisan tersebut. Nanti akan muncul tulisan Setting di sana, sobat tinggal klik kotak di sampingnya dan pilih pada pilihan Disable. Habis itu tekan tombol OK.

mematikan wake timer di komputer.

Nah kalau untuk laptop, di banding tulisan Setting seperti gambar di atas, sobat akan mendapatkan tulisan On Battery dan Plugged In. Sobat pilih pilihan Disable pada keduanya.

mematikan wake timers di laptop

Windows Update Tidak Akan Menyalakan Komputer Sobat dari Hibernate

Windows Update tidak akan membangunkan komputer sobat apabila komputer sobat sedang hibernate. Asalannya karena hibernate itu sendiri versi yang lebih dalam dari sleep. Di mana semua hal yang sobat kerjaan akan di simpang ke harddisk atau SSD dibanding RAM.

Baca juga : Cara Memunculkan Hibernate di Windows 10

Hal itu lah yang membuat Windows Update tidak akan mempengaruhi hibernate pada komputer. Kurang lebih hibernate ini mirip seperti shut down tetapi bedanya sobat bisa melanjutkan kembali pekerjaan yang sobat tinggal sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya ya.. Windows Update akan bisa membangunkan komputer sobat dari kondisi sleep untuk melakukan update. Dengan mematikan Wake Timers dengan langkah di atas maka hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *