Apa itu XAPK? dan Cara Menginstall XAPK di Android

By | November 15, 2019
Apa itu XAPK? dan Cara Menginstall XAPK di Android

Apa sobat pernah ketika mencoba mendownload sebuah game dari website, sobat malah mendapatkan ekstensi aneh yaitu .xapk? Saya pernah, dan saat itu saya menemukannya ketika mendownload Azur Lane di ApkPure. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ekstensi tersebut, dan cara menginstallnya di Android sobat.

Apa itu XAPK?

Kalau mau saya jelaskan singkatnya sih, .xapk adalah sebuah file yang isinya berupa .apk dan .obb dari file game yang sobat download.

Nah kalau lebih lengkapnya, menurut saya .xapk itu tuh seperti file .zip atau .rar. Yang membedakan mereka adalah ketika sobat dapat langsung menginstall file .xapk di Android sobat dengan aplikasi khusus. Sedangkan untuk .zip dan .rar ya sobat perlu ekstrak lalu install sendiri secara manual.

Pada dasarnya sebenarnya sih sama aja, sobat juga malah bisa menambahkan .rar atau .zip di ujung file .xapk tersebut lalu mengekstrak file di dalamnya secara manual dengan aplikasi seperti WinRAR atau 7Zip di Android.

Cara Menginstall XAPK di Android

Jadi lalu gimana cara menginstall file dengan ekstensi tersebut? Selain dengan cara manual yang saya sebutkan secara singkat di atas, saya juga sebutkan bahwa ada aplikasi khusus yang bisa menginstall file dengan ekstensi tersebut ke Android sobat. Mari saja kita bahas.

Install XAPK dengan aplikasi APK INSTALLER PRO

Pertama

Sobat download dulu aplikasi APK INSTALLER PRO-nya terlebih dahulu lewat link ini. Habis sudah terinstall, sobat jangan lupa buka aplikasinya.

Kedua

Setelah aplikasinya sudah sobat buka, maka akan terlihat seperti tampilan di bawah ini. Sobat arahkan ke tab kedua yang tertuliskan APKS seperti gambar di bawah.

buka aplikasi APK INSTALLER PRO kemudian tekan tab APKS untuk mengintstall XAPK

Pastikan file .xapk yang sobat download terdapat pada memori internal hp sobat. Jika benar maka akan terlihat seperti gambar di atas, di mana APK INSTALLER PRO berhasil mendeteksi file .xapk yang sudah saya download.

Ketiga

Jika sobat sudah ketemu dengan game yang sobat download, berikutnya sobat tekan tombol tiga titik yang berada di samping judul game sobat. Nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.

tekan tiga bulatan yang ada di samping tulisan, lalu pilih Install untuk menginstall XaPK

Sobat kemudian tekan Install.

Keempat

Sisanya sobat hanya cukup menunggu hingga proses penginstallan selesai.

Prosesnya sendiri emang agak lama tergantung juga dari ukuran file dan kecepatan memori dari perangkat sobat.

Dari pada bosan mending saya jelaskan saja proses yang dikerjakan oleh aplikasi tersebut, yaitu :

  1. File .xapk-nya akan diekstrak, jadi sobat pastikan memori internal sobat cukup untuk mengisi file hasil ektrakan tersebut.
  2. Kemudian tidak berselang lama file .apk yang merupakan client dari game akan diinstall. (biasanya di sini untuk sobat yang pertama kali pakai, akan muncul permintaan install aplikasi dari pihak ketiga, sobat setuju aja biar lancar).
  3. Nah sambil client atau .apk-nya di-install, APK INSTALLER PRO akan secara otomatis menyalin atau copy file .obb dari game sobat ke folder yang seharusnya, yaitu di Android > obb pada memori internal sobat.

Kelima

Nah setelah proses install selesai ya berarti sudah selesai deh! Selamat menikmati game yang sudah berhasil sobat install!

Install XAPK dengan cara manual

Ini khusus buat sobat yang tidak ingin menginstall aplikasi lain, dan sudah punya aplikasi yang bisa membaca file .zip atau .rar. Cara ini bisa buat komputer maupun Android.

Pertama

Sobat rename atau ubah nama file .xapk yang sobat download, tambahkan .zip atau .rar di paling belakang. Contoh hasilnya akan menjadi seperti ini nama game.xapk.zip.

Kedua

Lalu sobat ekstrak isi dari file tersebut. Di sana sobat akan menemukan file .apk dan folder yang berisikan .obb dari game yang sobat download.

Kalau sobat lakukan dari komputer, copy atau salin hasil ekstrakan ke hp sobat.

Ketiga

Kemudian sobat install .apk yang sobat dapatkan.

Keempat

Berikutnya sobat pastikan nama folder yang ada terdapat file .obb game sudah sesuai. Contohnya seperti com.YoStarEN.AzurLane. Yang sering download game di luar dari Play Store pasti ngertilah.

Untuk tahu nama folder yang sesuai bisa lihat langsung dari link Play Store di komputer sobat, atau googling. Agak repot makanya saya lebih sarankan pakai aplikasi khusus pada cara sebelumnya.

Kelima

Setelah nama foldernya sudah sesuai, sobat kemudian salin menuju ke Android > obb pada memori internal hp sobat.

Keenam

Selesai!

Kesimpulan

Jadi ya file XAPK itu hanyalah sebatas file yang berisi .apk dan .obb dari game yang sobat download. Tetapi punya kemampuan untuk menginstallnya secara otomatis apabila menggunakan aplikasi khusus. Salah satu aplikasi tersebut bernama APK INSTALLER PRO.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *