Apa itu Windows Sandbox dan Cara Mengaktifkannya

By | April 21, 2019
Windows Sandbox

Perlu sobat ketahui, pada tanggal 19 Desember 2018 lalu, Microsoft merilis Windows 10 Build 18305 untuk para Windows Insider. Pada build itu mereka memperkenalkan suatu fitur baru, yaitu Windows Sandbox yang nantinya akan dapat dinikmati oleh para pengguna Windows 10 versi Pro dan Enterprise.

Sebenarnya apa sih Windows Sandbox itu?

Windows Sandbox itu bisa dibilang sebagai sebuah virtual machine yang ringan yang diisikan dengan sebuah instalasi bersih dari Windows 10 itu sendiri.

Apa tujuan dibuatnya Windows Sandbox itu?

Tujuan dari dibuatnya sebuah fitur yang bernama Windows Sandbox ini sebenarnya agar dapat digunakan sebagai sebuah mesin untuk menguji seberapa aman sebuah file yang ingin sobat buka.

Jadi sebagai contoh, apabila sobat men-download sebuah file .exe yang mungkin sobat rasa ragu untuk sobat jalankan pada mesin utama sobat. Tetapi sobat malas untuk membuat sebuat virtual machine ataupun mencari media lain untuk mengetes file .exe tersebut, sobat dapat menggunakan Windows Sandbox.

Apa beda Windows Sandbox dengan Virtual Machine?

Sebenarnya tidak ada bedanya, Windows Sandbox itu merupakan sebuah virtual machine, yang membedakan dari virtual machine adalah sobat tidak dapat meng-instal sistem operasi lain pada Windows Sandbox tersebut. Karena seperti yang saya tulis di atas, Windows Sandbox sudah langsung dibekali oleh sebuah instalasi bersih Windows 10.

Selain itu tidak seperti virtual machine lain, Windows Sandbox ini hanya bersifat sekali pakai. Maksudnya ketika sobat menutup Windows Sandbox tersebut, maka file yang ada di sana akan terhapus. Ketika sobat membuka Windows Sandbox kembali maka sobat akan dipertemukan dengan instalasi bersih dari Windows 10 kembali.

Spesifikasi minimum untuk bisa menjalankan Windows Sandbox

Untuk dapat mencoba fitur Windows Sandbox ini dengan lancar, ada beberapa spesifikasi minimum yang harus sobat miliki:

  • Sobat harus menjadi seorang Windows Insider dan memasang Windows 10 Insider Pro atau Enterprise dengan build 18305 ke atas atau di komputer sobat harus terpasang Windows 10 Pro atau Enterprise build 1903 ke atas.
  • Peralatan sobat harus mendukung Virtualization yang dapat sobat aktifkan di BIOS.
  • Minimal 4 GB RAM.
  • Harus ada paling harddisk sobat harus bisa menampung file berukuran 1 GB atau lebih.
  • Paling tidak prosesor sobat itu harus dual core.

Cara mengaktifkan Windows Sandbox

Apabila sobat merasa kalau komputer sobat sudah memenuhi spesifikasi minimum yang saya tulis di atas, maka sobat tinggal mengaktifkan fitur ini di Windows sobat. Simak langkahnya di bawah ini.

1. Buka program Windows Features di komputer sobat. Sobat bisa membuka program ini dengan cukup mengetik “Turn windows features on or off” di Windows Search, lalu tekan pada hasil pertama yang muncul.

Ketik Turn Windows features on or off di Windows Search, lalu tekan pada hasil pencarian yang keluar.

2. Cari opsi yang bernama “Windows Sandbox” di Windows Features.

3. Tekan kotak yang ada di kiri opsi “Windows Sandbox,” lalu tekan tombol “OK.”

Aktifasi Wnidows Sandbox

4. Tinggal tunggu Windows Sandbox untuk didownload dan diaktifkan oleh Windows. Jika proses sudah selesai, maka Windows Sandbox sudah akan bisa sobat gunakan.


Jadi Windows Sandbox ini dibuat untuk mengetes file yang dianggap berbahaya ataupun mencurigakan. Fitur ini sendiri sudah dirilis ke publik dan bisa sobat gunakan, asalkan sobat menggunakan Windows 10 Pro atau Enterprise build 1903 ke atas.

Sekian artikel ini sampai di sini. Saya berharap artikel yang saya tulis ini dapat berguna untuk sobat sekalian. Sampai jumpa pada artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *