Apa Itu USB OTG? 5 Cara Keren untuk Menggunakannya di Android

By | November 20, 2019
Apa Itu USB OTG? 5 Cara Keren untuk Menggunakannya di Android

Apakah sobat tahu bahwa flashdisk yang sangat berguna bisa digunakan di perangkat Android sobat apabila mendukung USB OTG? Jika tidak maka pada artikel ini sobat akan mengetahui tentang apa itu USB OTG, dan 5 cara keren untuk menggunakannya di Android.

Apa itu USB OTG?

USB On-The-Go atau OTG adalah sebuah spesifikasi terstandarisasi yang akan membuat sebuah perangkat dapat membaca data dari perangkat USB tanpa memerlukan sebuah komputer.

Pada dasarnya perangkat yang mendukung USB OTG akan berfungsi sebagai sebuah USB host, artinya menjadi sumber penyedia energi listrik untuk menghidupkan perangkat USB yang terhubung.

USB OTG sendiri sudah mulai banyak digunakan pada belakangan ini. Sehingga saya yakin perangkat sobat pasti kebanyakan akan mendukung fitur tersebut. Tetapi sobat tentu saja juga perlu kabel OTG untuk menghubungkan perangkat Android sobat dengan perangkat USB.

Periksa Apakah Perangkat Android Sobat Mendukung USB OTG

logo USB OTG yang berarti perangkat sobat mendukung fitur USB OTG

Cara paling mudah untuk memeriksa apakah perangkat Android sobat mendukung fitur tersebut adalah dengan melihat spesifikasi pada kotak atau website perangkat sobat. Biasanya sobat akan melihat tulisan USB OTG atau gambar logo seperti yang ada di atas tercantum pada spesifikasi perangkat sobat.

Metode lain yang bisa sobat gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pengecek USB OTG seperti Easy OTG Checker. Sobat cukup download dan jalankan, maka sobat akan tahu apakah perangkat sobat mendukung fitur tersebut atau tidak.

Sayang sekali seperti yang saya bilang di atas, tidak semua perangkat Android mendukung fitur tersebut. Semuanya balik lagi ke produsen perangkat sobat. Jadi kalau hasil dari aplikasi pengecek USB OTG tersebut zonk, maka sobat hanya bisa pasrah.

Apa yang Sobat Perlukan untuk Menggunakan USB OTG

Perangkat Android sobat biasa hanya datang bersamaan dengan kabel micro-USB atau USB-C untuk mengisi baterai perangkat sobat.

Nah untuk menggunakan fitur USB OTG sobat perlu sebuah kabel atau adapter dengan micro-USB atau USB-C sebagai laki-laki (male) dan USB sebagaai perempuan (female). Contohnya bisa sobat lihat seperti gambar di bawah ini.

Contoh konverter OTG yang bisa sobat pakai. Ada juga versi kabel. Semua toko komputer punya.

Atau sobat juga bisa bilang kabel OTG ketika mencari di toko online atau di toko komputer di kota sobat. Orang toko pasti ngerti kok.

5 Cara Keren Menggunakan USB OTG di Android

Langsung saja kita bahas.

Terhubung dengan flaskdisk atau harddisk eksternal

perangkat Android bisa terhubung ke flashdisk atau harddisk eksternal lewat USB OTG

Nah ini merupakah salah satu fungsi yang paling sering dipakai di perangkat yang mendukung USB OTG. Ya gimana lagi? Soalnya gampang sih, kalau mau transfer data tinggal langsung tancap ke hp tanpa perlu pake perantara komputer lagi. Teman saya juga banyak yang pake.

Flashdisk sendiri akan jauh lebih mudah untuk terkoneksi. Sedangkan harddisk bisa jadi bisa, bisa jadi tidak. Harddisk eksternal yang memerlukan listrik dari hp biasanya tidak akan selalu bisa, tetapi jika harddisk eksternal tersebut punya baterai sendiri maka pasti akan bisa sobat gunakan.

Sobat juga perlu memastikan format flashdisk atau harddisk sobat itu FAT32 bukan NTFS. Alasannya karena NTFS tidak akan bisa bekerja dengan baik di Android.

Main game dengan stik PS atau kontroler

Stik PS? Bisa konek pake USB OTG ke Android sobat

Android Pie atau ke atas secara langsung mendukung kontroler dari Xbox One. Tetapi untuk kontroler Xbox 360 yang lebih tua juga bisa sobat gunakan dengan menggunakan USB OTG.

Sobat cukup colok dan kontroler pun langsung akan bisa gunakan tanpa perlu setting sana sini. Tentunya, game yang sobat ingin mainkan harus mendukung pemakaian kontroler, kalau tidak sama aja boong.

Jika perangkat sobat sudah root, sobat juga bisa menggunakan stik PS benaran. Jadi sobat bisa gunakan untuk memainkan game jadul dengan perangkat sobat.

Hubungkan Android sobat dengan keyboard dan mouse

Sifat terbuka dari Android membuat sangat mudah untuk menghubungkan perangkat sobat ke hampir semua perangkat USB. Jadi kalau sobat penasaran maka sobat tidak perlu khawatir. Baik tanpa kabel (wireless) atau kabel (wired) hampir semua mouse dan keyboard akan bisa bekerja dengan perangkat Android.

Saya sendiri menyarankan jika sobat menggunakan mouse dan keyboard tanpa kabel, gunakan yang mendukung receiver umum, karena colokan USB-nya cuma satu.

Sobat juga perlu pastikan bahwa keyboard atau mouse tanpa kabel sobat tidak perlu lagi aplikasi tambahan. Contohnya seperti Logitech yang perlu aplikasi SetPoint untuk bisa digunakan.

Gunakan printer langsung tanpa komputer

nge-print juga bisa langsung lewat hp tanpa komputer kalau ada USB OTG.

Sama seperti keyboard, printer yang mendukung fitur colok dan gunakan (plug-and-play) juga akan bekerja baik dengan perangkat Android sobat. Dengan fitur colok dan gunakan (plug-and-play) sobat bisa langsung nge-print tanpa perlu menggunakan komputer.

Kontrol kamera DSLR sobat langsung dari hp

Nah ini pasti akan membuat photographer suka. Sobat bisa membuat hp menjadi layar gede ketika menghubungkannya dengan kamera DSLR sobat. Selain itu sobat juga bisa mengambil foto, melakukan fokus, dan lain-lain langsung dari hp sobat.

Tetapi untuk ini sobat perlu aplikasi tambahan yaitu DSLR Controller. Harusnya sih cuma buat kamera merk Canon, tetapi juga bisa sobat gunakan di beberapa merk kamera Nikon dan Sony. Aplikasi ini sendiri berbayar tetapi sangat berguna untuk sobat yang perlu.

Kesimpulan

USB OTG itu sangat berguna apabila perangkat sobat mendukungnya. Sobat bisa melakukan banyak hal dengan itu, dan memang banyak pengembang yang membuat perangkat mereka juga mendukung fitur tersebut karena semakin terkenalnya pemakaian fitur tersebut.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *