Apa itu TDP yang Terdapat di CPU dan GPU Komputer?

By | September 14, 2019
Apa itu TDP yang Terdapat di CPU dan GPU Komputer?

Saya yakin sobat pasti sering mendengar kata TDP ketika sobat mencari-cari informasi tentang CPU dan GPU. Terus apakah sobat tahu sebenarnya apa itu? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu TDP yang terdapat di CPU dan GPU komputer.

Apa itu TDP?

Biasanya kebanyakan orang mengenal kepanjangan TDP sebagai: Thermal Design Power, Thermal Design Point, dan Thermal Design Parameter. Untungnya, semua kepanjangan ini sama saja artinya. Meskipun yang paling sering digunakan adalah Thermal Design Power.

Thermal Design Power ini adalah angka ukur dari jumlah panah maksimum yang CPU dan GPU hasilkan ketika mereka bekerja keras.

komponen komputer menghasilkan panas ketika komputer bekerja, dan semakin keras komputer bekerja, maka semakin panas. Sama juga seperti hp sobat. Sobat pasti sadar ketika sobat memainkan game di hp sobat, semakin lama pasti hp sobat jadi makin panas.

TDP berarti jumlah panas yang dihasilkan oleh komponen dan jumlah panas yang harus dibuang oleh sistem pendingin. Menggunakan watt sebagai alat ukur, yang biasa selain bisa digunakan untuk mengukur listrik, bisa juga untuk mengukur panas.

TDP sering dianggap sebagai seberapa jumlah listrik yang komponen tersebut pakai. Tetapi tidak selalu demikian, maka dari itu sobat seharusnya jangan menggunakan angka tesrebut untuk memutuskan PSU apa yang akan sobat gunakan untuk komputer sobat.

TDP untuk Prosesor (CPU)

Karena tidak adanya metode terstandarisasi untuk menghitung TDP, biasanya pembuat chip akan menghitungnya dengan metode mereka sendiri. Itu berarti akan ada perbedaan hasil TDP dari proses Intel dan AMD.

TDP di CPU

Intel

Intel biasanya mengeluarkan angka TDP yang lebih rendah dibandingkan apa yang orang lain rasakan di komputer mereka. Hal itu membuat TDP di Intel menjadi kurang bisa diandalkan.

Biasanya prosesor akan bekerja pada kecepatan dasar mereka ketika beban kerjanya ringan. Ketika bebannya berat, prosesor akan mulai bekerja pada kecepatan boost yang mereka miliki. Nah di sinilah yang membuat TDP Intel kurang bisa diandalkan.

Intel menghitung angka tersebut pada prosesor mereka berdasarkan base clock dari bukan dari boost clock prosesor mereka. Sehingga hasilnya prosesor mereka akan berjalan lebih panas dibanding apa yang mereka katakan di spesifikasi produk mereka.

Jadi apabila sobat menggunakan pendingin prosesor abal-abal, maka akan sangat beresiko. Karena apabila panas prosesor tidak dapat diturunkan maka hasilnya performa prosesor sobat akan menurun.

Untuk memeriksa panas maksimal dari prosesor Intel sendiri sebenarnya bisa. Sobat cukup melihat T-junction yang bisa sobat temukan pada tipe prosesor sobat di website utama mereka.

AMD

Untuk AMD sendiri angka TDP yang mereka tulis di spesifikasi prosesor mereka jauh lebih tepat. Untungnya bahkan meskipun tidak tepat, pendingin bawaan yang mereka berikan bersama prosesor mereka sudah cukup untuk mendinginkan bahkan ketika beban kerjanya berat.

Untuk AMD sobat cukup melihat Max Temps yang bisa sobat temukan di spesifikasi prosesor AMD. Berapa derajat yang ditulis di sana akan menentukan panas maksimal yang diperbolehkan.

TDP untuk GPU

TDP di GPU

Untuk konsumen seperti kita-kita ini, TDP sebenarnya lebih penting dilihat di CPU. Tentu saja hal itu juga ada di GPU, tetapi setiap GPU yang sobat beli pastinya sudah tersedia sistem pendingin.

Sistem pendingin yang sobat dapat sudah cukup untuk menjaga suhu maksimal dari GPU meskipun sedang berada dalam beban kerja yang berat.

Kesimpulan

TDP itu bukan berapa watt, PSU yang harus kita beli. Melainkan merupakan jumlah panas yang dihasilkan prosesor ketika berada di bawah beban kerja yang berat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *