Apa Itu Office 365? dan Beda Office 365 dengan Office Lainnya

By | August 10, 2019
apa itu office 365? dan bedanya dengan Office lainnya

Sudah delapan tahun layanan Office 365 diluncurkan oleh Microsoft. Tetapi ada kemungkinan sobat sekalian masih tidak tahu mengenai layanan tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini saya ingin membahas mengenai apa itu Office 365 dan bedanya dengan Office lainnya.

Apa itu Office 365?

Office 365 merupakan layanan berbasis subscription atau langganan yang diluncurkan oleh Microsoft. Di dalam layanan tersebut tentunya terdapat:

  1. Microsoft Office tentunya,
  2. Layanan berbasis komputasi awan atau cloud computing seperti Skype for Business,
  3. Penyimpanan awan atau cloud storage OneDrive berukuran 1TB,
  4. Dan layanan lain sesuai dengan jenis langganan yang sobat pilih.

Tujuan dari adanya layanan ini sendiri sih karena Microsoft ingin para pelanggannya untuk mendapatkan layanan dan produk ter-update. Dengan adanya produk ini maka sobat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur terbaru, perbaikan, pembaruan keamanan, dan juga layanan costumer service.

Baca juga : Cara Mendapatkan Office 365 Gratis dengan Mudah

Perbedaan Office 365 dengan Office Lain (seperti 2013, 2016, dan 2019)

1. Lisensi

Office 365, seperti yang saya tulis di atas berbasis langganan atau subscription based. Untuk jangka waktu langganannya sendiri bisa dari satu bulan hingga satu tahun dengan biaya yang makin murah.

Sedangkan Office lain, memiliki License Key untuk produk tersebut. Jadi sobat hanya perlu sekali beli saja dan bisa menggunakan produk tersebut tanpa perlu membayar perbulan atau pertahun.

2. Update

Office 365 akan terus mendapatkan update selama sobat masih berlangganan. Update seperti pembaruan versi, perbaikan, keamanan, dan lain-lain akan terus diberikan oleh Microsoft selama masih berlangganan. Itu artinya versi Microsoft Office yang akan sobat dapatkan akan terus up-to-date sehingga sobat tidak perlu takut ketinggalan zaman.

Sedangkan Office lain hanya akan mendapatkan update yang terbatas. Misalnya sebagai contoh sobat membeli Office 2016. Sekarang sudah muncul Office 2019 yang berarti dukungan update dari Microsoft ke Office 2016 sobat sudah memasuki hitungan mundur. Tergantung dari kebijakkan Microsoft, mereka mungkin hanya mendukung hingga 1-2 tahun setelah Office 2019 muncul sebelum akhirnya mereka akan meninggalkan Office 2016.

3. Instalasi yang bisa lebih dari satu komputer

Pada Office 365, misalnya untuk paket Home sobat bisa menginstall Microsoft Office untuk lima komputer sekaligus. Sobat juga bisa mencabut atau menghapus hak akses pada komputer tertentu dan menginstallnya pada komputer lain. Jadi untuk sobat yang suka pindah-pindah komputer, hal ini akan jauh lebih mudah. Selain itu, bagi sobat yang ingin patungan dengan teman-teman sobat akan membuat layanan Office 365 Home jauh lebih murah karena bisa dibagi lima.

Sedangkan pada Office lain, satu kali pembelian lisensi hanya akan berlaku untuk satu komputer saja. Selain itu, sobat tidak dapat memindahkan lisensi tersebut ke komputer lain kecuali melalui proses merepotkan dengan mem-backup lisensi dengan program pihak ketiga.

4. Fitur yang jauh lebih mantap

Pada Office 365, sobat akan mendapatkan fitur autosave yang akan menyimpan pekerjaan sobat langsung ke OneDrive ketika sobat memiliki koneksi internet. Selain itu paket layanan Office 365 datang bersamaan dengan OneDrive dengan ukuran 1TB yang dapat sobat manfaatkan.

Sedangkan pada Office lain, tidak memiliki fitur autosave yang saya sebutkan di atas (setidaknya versi 2013 dan 2016 tidak ada fitur ini, saya masih belum pernah lihat versi 2019).

Kesimpulan

Pada dasarnya Office 365 dan versi Office lainnya itu berbeda sekali. Satunya adalah layanan berbasis langganan sedangkan satunya hanya berupa aplikasi mengolah data saja. Tergantung dari keperluan sobat bisa memilih salah satu yang memang sobat butuhkan.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya berharap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *