6 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

By | June 10, 2019
6 cara mengambil screenshot di windows 10

Saya sering mengambil screenshot ketika sedang menulis artikel di blog saya. Menurut saya fitur mengambil screenshot yang disediakan pada Windows 10 ini sangatlah membantu saya. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas 6 cara mengambil screenshot di windows 10.

Mengambil Screenshot dengan Snip & Sketch

Snip & Sketch ini merupakan aplikais mengambil screenshot terbaru yang diluncurkan pada Windows 10. Aplikasi ini merupakan aplikasi modern yang akan menggantikan aplikasi screenshot lama yang bernapa Snipping Tool, yang saya yakin sobat sangat kenali. Untuk menggunakan Snip & Sketch ini sebenarnya sangatlah mudah.

Langkah pertama

Buka aplikasi Snip & Sketch yang bisa sobat temukan di start menu pada Windows 10 sobat. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

aplikasi snip & sketch di windows 10 untuk mengambil screenshot

Langkah kedua

Tekan tombol New yang terdapat pada pojok kiri atas aplikasi Snip & Sketch ini atau tekan tombol Ctrl + N secara bersamaan untuk mengaktifkan mode mengambil screenshot.

Langkah ketiga

Sobat akan dapat mengambil screenshot dengan ukuran yang sobat inginkan pada aplikasi ini. Fitur yang mirip dengan Snipping Tool.

Ketika screenshot sudah diambil, sobat juga dapat mengedit screenshot yang sobat ambil dengan menambahkan garis dan lain-lain.

Langkah keempat

Tekan tombol Save atau Ctrl + S secara bersamaan untuk menyimpan screenshot yang sobat ambil.

Mengambil Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi screenshot lawas yang sudah ada dari zaman Windows Vista. Aplikasi ini sendiri masih bisa sobat temukan dan juga gunakan sampai sekarang di Windows 10 Build 1903.

aplikasi snipping tool untuk screenshot di windows 10

Cara kerja Snipping Tool ini sama saja dengan Snip & Sketch. Ya emang karena Snip & Sketch hanya versi modern dan lebih berat dari Snipping Tool.

Sobat hanya perlu menekan tombol New untuk mengambil screenshot. Sobat juga dapat memilih mode pengambilan screenshot dengan menekan tombol Mode yang berada di sebelah New.

Setelah screenshot sudah diambil. Hasil screenshot bisa ditambah tulisan berupa catatan atau highlight sebelum disimpan apabila diperlukan.

Win + Shift + S

Merupakan shortcut keyboard untuk Snip & Sketch. Saya sendiri sering menggunakan shortcut ini untuk mengambil screenshot.

Saat shortcut ini ditekan, maka akan langsung masuk ke mode pengambilan screenshot-nya Snip & Sketch.

Setelah screenshot diambil sama seperti Snip & Sketch bisa menambah catatan yang diperlukan sebelum gambar disimpan.

Print Screen

Tombol yang akan sering sobat temukan di keyboard sobat. Biasanya terletak pada bagian pojok kanan atas keyboard sobat.

Ketika tombol Print Screen ditekan maka Windows akan secara otomatis mengambil gambar dari apa yang kita lihat di monitor kita.

Sayangnya gambar tidak langsung tersimpan, dan kita perlu mem-paste gambar tersebut ke aplikasi seperti Paint kemudian baru bisa kita simpan.

Win + Print Screen

Salah satu shortcut yang juga berfungsi untuk mengambil gambar atau screenshot tanpa aplikasi. Cara kerjanya sebenarnya sama seperti tombol Print Screen yang ada pada keyboard sobat. Tetapi bedanya dengan shortcut ini gambar yang sobat ambil akan langsung tersimpan di komputer sobat.

Hasil gambar yang diambil bisa sobat temukan di Pictures > Screenshots. Atau di C:\Users\nama komputer sobat\Pictures\Screenshots.

Alt + Print Screen

Salah satu shortcut yang baru saja saya ketahui ketika mencari materi buat artikel ini. Kurang lebih sama seperti tombol Print Screen, tetapi yang membedakannya adalah terdapat pada gambar yang diambil.

Ketika tombol shortcut ini ditekan, maka Windows akan otomatis mengambil gambar dari aplikasi yang sedang aktif. Biar sobat tidak bingung mari saya jelaskan lebih lanjut.

Coba sobat perhatikan gambar di bawah ini. Gambar ini adalah gambar dari layar monitor saya yang saya ambil menggunakan tombol Print Screen. Seperti yang sobat sadari saya punya sebuah aplikasi yang sedang aktif yaitu Snipping Tool.

contoh hasil screenshot dengan tombol print screen

Ketika saya tekan Alt + Print Screen, maka gambar yang diambil adalah hanya gambar Snipping Tool-nya saja. Alasannya karena hanya aplikasi tersebut yang aktif.

hasil gambar dari alt + print screen

Kesimpulan

Mengambil screenshot di Windows 10 sangatlah gampang. Fitur dan shortcut pun sudah disediakan oleh Microsoft untuk kita pakai.

Sekian artikel saya sampai di sini. Saya berharap artikel saya akan bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *