4 Situs Terbaik untuk Download APK Android

By | August 30, 2019
4 Situs Terbaik untuk Download APK Android

Kadang-kadang, aplikasi android yang ingin sobat install tidak ketemu di Play Store. Saya juga sering kena begituan ketika mencari game yang saya inginkan.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Biasanya karena aplikasi tersebut memang tidak dirilis di negara tertentu. Kadang karena aplikasi tersebut mengandung konten dewasa. Atau terkadang karena pembuatnya menghapus aplikasi tersebut dari Play Store.

Baca juga : 4 Aplikasi Terbaik untuk Menggantikan Google Play Store

Tetapi jangan khawatir, sobat masih bisa menginstall aplikasi yang sobat inginkan. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas 4 situs terbaik untuk men-download APK android.

4 Situs Terbaik untuk Download APK Android

1. APKMirror

APKMirror, salah satu situs terkenal untuk download file APK

APKMirror adalah salah satu situr paling terkenal untuk men-download file APK. Situs ini sendiri dimiliki dan dijalankan oleh orang yang sama yang mengurus situs Android terkenal yaitu Android Police, sehingga keamanannya pasti terjamin.

Dari segi keamanan sih, ada beberapa hal yang dilakukan oleh APKMirror:

  1. Setiap APK yang ingin diluncurkan di sana, pertama-tama akan diverifikasi terlebih dahulu.
  2. Apabila terdapat versi terbaru dari APK, akan dicocokan dengan versi lama APK tersebut. Di sini akan dilihat apakah APK versi terbaru tersebut memang asli dibuat dari pengembang yang sama atau tidak.
  3. Ketika pengembang aplikasi menciptakan aplikasi baru, maka aplikasi tersebut akan dicocokan dengan aplikasi lain yang pengembang tersebut buat. Gunanya sih untuk memverifikasi apakah memang benar pengembang tersebut yang buat atau tidak.

Tetapi tentu saja ada kekurangan yang terdapat pada APKMirror. Yaitu apabila APKMirror tidak bisa memverifikasi keaslian dari APK tertentu, maka APK tersebut tidak akan muncul di APKMirror. Oleh karena itu, sobat tidak akan bisa menemukan APK yang dimodifikasi, APK bajakan, maupun aplikasi berbayar di sana.

Di APKMirror juga disediakan semua versi dari APK yang ada. Jadi apabila sobat merasa versi tertentu bekerja baik di hp sobat, maka sobat bisa download dan install APK versi tersebut di hp sobat dengan mudah.

2. APKPure

APKPure, situs download APK yang bersaing dengan APKMirror

APKPure ini adalah pesaing terbesar dari APKMirror. Bahkan waktu luncur dari masing-masing situs berdekatan sekali. Dan seperti APKMirror, keamanan yang diterapkan di APKPure sendiri sama ketatnya, sehingga APK yang sobat download di sana pasti dijamin aman dan bebas dari virus.

APKPure sendiri akan memverifikasi aplikasi yang akan diluncurkan di situs mereka dengan menggunakan SHA1. Mereka juga memastikan versi terbaru dari APK mereka memang dari pengembang yang sama. Dan mereka juga memverifikasi setiap aplikasi yang dibuat oleh pengembang yang sama.

Sama seperti APKMirror, apabila APKPure tidak dapat memverifikasi APK, maka APK tersebut tidak akan diluncurkan di situs mereka. Maka dari itu, sobat juga tidak akan menemukan APK dimodifikasi di sana.

APKPure sendiri mengambil informasi tentang APK langsung dari Play Store, sehingga sobat akan menemukan informasi seperti gambar atau dekripsi aplikasi mirip seperti di Play Store.

APKPure juga menyediakan semua versi dari setiap aplikasi yang sobat temukan di situs mereka, jadi sobat bisa memilih versi aplikasi yang cocok dengan hp sobat.

3. APK Store

APK Store, bonus

Sebenarnya harusnya APKMirror dan APKPure sudah cukup untuk memuaskan keperluan sobat dalam men-download APK Android. Tetapi ya sudahlah, anggap aja ini bonus.

APK Store, awalnya situs ini diberi nama APK Downloader. Situs yang mengambil semua APK langsung dari Play Store, sehingga keamaan APK tersebut pasti terjamin.

Selain itu metadata (informasi) dari setiap APK di sana juga diambil langsung dari Play Store, jadi sobat sebenarnya sudah tidak lagi perl memakai Play Store dengan adanya situs ini.

4. Aptoide

Aptoide, tempat download APK yang nerima APK yang dimodifikasi

Aptoide ini sebenarnya salah satu situs download APK terbesar di dunia. Punya lebih dari 200 juta pengguna dan bertanggung jawab hingga lebih dari 6 miliar kali download. Jadi bisa dibayangkan bahwa aplikasi yang terdapat pada situs tersebut pasti lengkap.

Tetapi kenapa Aptoide tidak berada pada urutan pertama, melainkan APKMirror? Alasannya, karena Aptoide itu mengijinkan pengguna untuk bisa merilis APK yang telah dimodifikasi di sana.

Teliti Sebelum Menginstall APK

Tidak perduli sebenarnya dari website atau situs manapun sobat mendapatkan APK sobat, tetap waspada itu perlu. Kita tidak tahu apakah APK kita ini mengandung malware atau tidak.

Oleh karena itu maka saya sarankan sobat untuk memeriksa apakah APK itu terkandung malware di dalamnya atau tidak. Sobat bisa andalkan situs seperti VirusTotal yang bisa melakukan scanning terhadap APK sobat.

Kesimpulan

Meskipun APK yang sobat cari di Play Store tidak ada, tetapi sobat masih bisa mendapatkan APK tersebut di luar Play Store. Tentu saja sobat harus tetap teliti terhadap sumber APK yang sobat download.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *