4 Aplikasi untuk Menemukan Pakaian dengan Gambar

By | November 20, 2019
4 Aplikasi untuk Menemukan Pakaian dengan Gambar

Apakah sobat pernah ketika ketemu pakaian yang bagus atau keren yang orang lain pakai di tempat umum, langsung ingin tahu merk pakaian tersebut? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 aplikasi untuk menemukan pakaian dengan gambar yang sobat ambil dengan hp sobat.

4 Aplikasi untuk Menemukan Pakaian dengan Gambar

Mari saja sobat, kita langsung bahas.

1. Temukan pakaian dengan foto lewat aplikasi Google Lens

menemukan pakaian dengan menggunakan aplikasi Google Lens

Google Lens adalah sebuah aplikasi pengenal gambar yang mampu mengidentifikasi berbagai hal, baik itu baju, sepatu, bahkan aksesoris seperti kalung. Hal ini membuat mencari sebuah baju yang digunakan orang di jalan akan jauh lebih mudah.

Cara pakai dari aplikasi ini sendiri sangatlah mudah. Jika sobat ingin mencari pakaian yang dikenakan orang di jalan, sobat cukup foto saja orang tersebut (lebih tepatnya pakaiannya). Jika hasil foto terdapat banyak jenis pakaian, sobat bisa tekan pada pakaian tersebut dan Google Lens akan mencoba menemukan pakaian tersebut di internet.

Selain menfoto orang, Google Lens juga mampu melakukan pencarian berdasarkan gambar (beda dengan foto) yang ada pada hp sobat. Saya sendiri nge-test nyari informasi gambar anime, dan hasilnya memuaskan.

Perlu diingat Google Lens ini perlu internet. Jadi kalau tidak ada internet aplikasi ini tidak akan bisa bekerja sama sekali.

Download: Google Lens untuk Android (Gratis)
Download: Google untuk iOS (Gratis)

2. CamFind – Salah satu aplikasi terbaik untuk menemukan pakaian

susah menemukan pakaian? Cari aja dengan CamFind

CamFind adalah sebuah mesin pencari gambar yang dapat menemukan pakaian dari gambar. Proses sendiri sangatlah sederhana: ambil gambar atau foto, berikan aplikasi beberapa saat untuk memproses gambar, dan sobat akan mendapatkan hasilnya. Sayangnya tidak seperti Google Lens, CamFind ini memerlukan waktu lebih lama dalam proses pencariannya.

Setelah pencarian selesai, aplikasi ini akan memunculkan website belanja online, deskripsi produk, dan video Youtube yang berkaitan. CamFind juga memiliki fitur jejarin sosial, sehingga sobat bisa membagikan hasil pencarian dengan pengguna yang lain.

Sobat juga bisa melihat apa yang orang lain lihat untuk mengerti tentang trend busana. Untungnya ada fitur mode privasi (private mode) jika sobat tidak suka apa yang sobat lihat, dilihat sama orang lain.

Download: CamFind untuk Android | iOS (Gratis)

3. Temukan pakaian di sosial media dengan Pinterest Lens

Cari pakaian dengan gambar juga bisa lewat pinterest dengan pinterest lens

Aplikasi Pinterest memiliki fitur alat pencari gambar yang dinamakan Lens yang membuat sobat bisa mencari ke ribuan post di sosial media hanya dengan gambar. Sama seperti Google Lens, aplikasi ini mampu mengidentifikasi lebih dari satu barang.

Terlebih lagi, Pinterest akan menampilkan link produk yang serupa di toko online. Untuk fungsi ini, Pinterest bekerja sama dengan ShopStyle, platform belanja untuk pakaian. Maka dari itu sobat tidak akan menemukan link dari Amazon ataupun toko online yang lain.

Pinterest Lens juga punya fitur berguna yaitu Lens the Look. Di mana dengan fitur ini sobat bisa menjelajahi ide-ide pakaian dari baju yang sobat sudah punya.

Dengan begitu sobat bisa menemukan banyak kombinasi baru yang menarik yang bisa sobat coba.

Download: Pinterest untuk Android | iOS (Gratis)

4. Temukan pakaian dengan gambar menggunakan Screenshop

Apakah sobat pernah mengambil screenshot dari pakaian yang sobat lihat di tempat seperti Instagram untuk digunakan sebagai referensi? Aplikasi inilah di mana screenshot tersebut digunakan. Dengan aplikasi ini sobat bisa mencasri pakaian dengan menggunakan sebuah gambar.

Baca juga : Cara Mengambil Screenshot di Android 9 Pie

Setelah sobat meng-upload gambar pakaian yang sobat suka, Screnshop akan memproses gambar tersebut dan membagi hasilnya menjadi beberapa tab tergantung pakaian yang berhasil di proses.

Contoh jika gambar yang sobat upload itu isinya ada kacamata, baju, sepatu, dan celana. Maka hasilnya akan dibagi menjadi 4 tab khusus. Sobat juga bisa langsung membeli pakaian langsung dari aplikasi tersebut karena aplikasi ini sudah bekerja sama dengan banyak merk terkenal.

Sayang sekali untuk saat ini aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat yang menggunakan iOS.

Download: Screenshop untuk iOS (Gratis)

Kesimpulan

Saat ini menjadi barang lewat gambar atau foto sudah tidak sulit. Banyak sekali aplikasi yang sebenarnya punya fungsi pencarian berdasarkan gambar. Dan semakin berkembangnya zaman, semakin canggih juga aplikasi tersebut. Sama seperti beberapa aplkasi di atas. Sobat bisa menemukan pakaian sobat dengan mudah hanya bermodalkan gambar.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *