4 Aplikasi Terbaik untuk Menggantikan Google Play Store

By | August 30, 2019
4 Aplikasi Terbaik untuk Menggantikan Google Play Store

Banyak orang pikir bahwa Google Play Store adalah satu-satunya pilihan untuk men-download aplikasi Android. Tetapi sebenarnya, terdapat beberapa aplikasi alternatif Google Play Store yang berkualitas.

Ditambah lagi, apabila sobat membeli sebuah perangkat Android yang tidak terdapat Play Store di dalamnya, mendapatkan akses ke Play Store tersebut akan menjadi sangat sulit. Sehingga sobat tidak punya pilihan lain untuk menggunakan aplikasi alternatif.

Baca juga : 4 Situs Terbaik untuk Download APK Android

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas 4 aplikasi alternatif terbaik yang bisa menggantikan Google Play Store.

4 Aplikasi Terbaik untuk Menggantikan Google Play Store

1. Amazon Appstore

Amazon Appstore, alternatif play store dengan koleksi aplikasi yang lumayan banyak

Salah satu aplikasi alternatif pengganti Play Store adalah Amazon Appstore. Amazon Appstore ini sendiri bisa dibilang merupakan pesaing terbesar dari Play Store, dan merupakan aplikasi bawaan dari semua tablet Amazon Fire.

Amazon Appstore sendiri disuguhi dengan tampilan antarmuka yang tidak ketinggalan zaman. Sobat bisa langsung mengakses kategori aplikasi langsung dengan menekan icon yang berada pada bagian bawah layar sobat.

Aplikasi ini juga memiliki uang elektronik yang mirip seperti gift card yang bernama Amazon Coin. Amazon Appstore juga memiliki fitur sosial media di aplikasi mereka. Ada juga bagian yang menawarkan aplikasi gratis dan aplikasi yang dijual.

Dari segi koleksi aplikasi, sebenarnya Amazon Appstore kalah kalau mau dibandingkan sama Play Store. Tetapi meskipun begitu, apabila sobat berada pada situasi di mana Play Store tidak bisa sobat akses, Amazon Appstore tentu menjadi salah satu alternatif terbaik.

Download : Amazon Appstore

2. F-Droid

F-Droid, salah satu alternatif Play Store yang menyediakan aplikasi open source terbesar

Jika sobat lebih memilih Android ketimbang iOS karena Android itu bersifat open-source, maka F-Droid akan menjadi alternatif terbaik Play Store untuk sobat. Koleksi aplikasi dari F-Droid jauh lebih sedikit dibandingkan alternatif yang lain. Meskipun begitu, aplikasi ini merupakan penyedia aplikasi open-source dan gratis paling besar dibanding yang lain.

Sobat tentu tidak perlu menyukai Linux untuk menemukan keungulan dari F-Droid ini. Semua aplikasi di sini bebas sobat gunakan tanpa perlu ada biaya sama sekali. Tidak hanya itu, sobat tidak perlu khawatir kalau aplikasi di sana mengandung malware. Bahkan F-Droid sendiri akan memperingatkan sobat ketika aplikasi yang sobat gunakan melacak aktivitas atau lokasi sobat.

Untuk segi tampilan sendiri bisa sobat nilai sendiri. Menurut saya paling tidak untuk bagian kategori tersusun dengan rapi. Sobat juga tetap bisa melakukan pencarian aplikasi di sana dengan menekan tombol pencarian yang berada pada pojok kanan bawah.

Download : F-Droid

3. SlideME

SlideME, salah satu alternatif play store, yang ditargetkan lebih untuk perangkat yang tidak mendapat dukungan play store

SlideME aplikasi yang biasanya dipasang di perangkat yang tidak memiliki Play Store. Lebih menargetkan ke para pembuat perangkat yang tidak terlalu didukung oleh Play Store. SlideME sendiri juga melirik pengembang yang aplikasinya tidak diterima oleh Play Store.

Kalau dilihat dari segi koleksi aplikasinya, SlideME memiliki koleksi lebih banyak dibanding F-Droid, tetapi lebih kecil dibanding Amazon Appstore.

Meskipun SlideME mengincar area yang tidak terdukung oleh Play Store, sebenarnya perusahaannya sendiri berbasis di Seattle. Juga setiap aplikasi juga perlu melewati proses review dari perusahaan SlideME, jadi sobat tidak perlu khawatir tentang keamanan dari aplikasi yang disediakan.

Untuk tampilan, saya bisa bilang burik, tampilannya kurang lebih sama seperti Play Store zaman dulu, tetapi masih bisalah digunakan. Terdapat banyak cara untuk menemukan aplikasi baru, yang mana menjadi nilai tambah untuk SlideME. Memilih aplikasi akan memberikan sobat tombol download, deskripsi, gambar, review, dan opsi lain dibagian bawah.

Sayangnya pada aplikasi SlideME ini terdapat sebuah kotak iklan tipis yang terdapat pada bagian bawah aplikasi yang kadang-kadang muncul, yang mana sedikit merepotkan.

Download : SlideME

4. Humble Bundle

Humble bundle, alternatif play store dengan tampilan yang ya gitu lah.

Saya yakin ada sobat yang tidak asing dengan nama ini. Sebenarnya Humble Bundle awalnya hanya menjual seperti paketan aplikasi atau game ke orang-orang. Jika sobat membayar biaya tertentu, sobat bisa menedapatkan paket penuh dari aplikasi atau game tersebut.

Pada akhirnya, Humble Bundle memperluas jangkauannya dengan membuat aplikasi yang menyerupai Play Store. Aplikasi tersebut bahkan menjual soundtrack dari game bahkan buku.

Untuk segi tampilan bisa dibilang ketinggalan zaman. Dan koleksi aplikasi dan game yang mereka punya pastinya jauh lebih sedikit dibanding Play Store atau bahkan Amazon Appstore.

Download : Humble Bundle

Kesimpulan

Pada dasarnya selain Google Play Store, masih ada aplikasi alternatif yang memiliki fungsi yang sama. Jadi apabila sobat berada dikondisi di mana Play Store tidak bisa digunakan, maka salah satu aplikasi di atas akan sangat membantu sobat.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *