10 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Keamanan iPhone dan iPad

By | November 26, 2019
10 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Keamanan iPhone dan iPad

Jika saya lihat dari statistis orang yang mengunjungi website saya, kebanyakan dari sobat menggunakan ponsel pintar. Tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan sistem keamanan yang mampu melindungi perangkat sobat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang 10 langkah mudah untuk meningkatkan keamanan iPhone dan iPad sobat.

10 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Keamanan iPhone dan iPad

Mari saja langsung kita bahas.

1. Tingkatkan keamanan perangkat sobat dengan selalu rajin meng-update perangkat sobat

rajin-rajin update untuk meningkatkan keamanan perangkat sobat.

Kayaknya sih sudah jelas sekali ya. Dan tidak hanya berlalu untuk iPhone atau iPad saja sebenarnya, bahkan Android juga Windows 10 yang sobat pakai juga demikian.

Update yang biasanya sering diberikan oleh pada pengembang perangkat, meskipun menguras kuota sobat tetapi merupakan salah satu yang wajib tetap sobat laksanakan.

Biasanya update itu ada karena terdapat masalah atau celah keamanan pada sistem operasi perangkat sobat, yang kemudian ditemukan dan kemudian ditutup celahnya oleh para pengembang.

Selain itu update juga kadang-kadang berisi fitur baru yang dikembangkan yang mempermudah sobat dalam menggunakan perangkat sobat.

Sobat bisa menyalakan update otomatis di perangkat iPhone atau iPad sobat di bagian Settings > General > Software Update sehingga sobat tidak perlu memeriksa dan melakukan update secara menual lagi.

Untuk update skala besar seperti dari iOS 13 ke iOS 14 sendiri masih perlu sobat lakukan secara manual ketika waktunya tiba. Dan memang didesain demikian. Sehingga sobat bisa mengecek apakah update skala besar tersebut masih memiliki masalah yang parah atau tidak.

2. Meningkatkan keamanan dengan menggunakan Passcode yang kuat dan juga Face ID atau Touch ID

gunakan alphanumeric biar passcode sobat semakin kuat dan sudah ditembus.

Sobat pasti rata-rata sudah mengunakan fitur Face ID atau Touch ID untuk membuka kunci dari perangkat sobat, tetapi seberapa kuatkah Passcode yang sobat pasang?

Passcode merupakan salah satu cara untuk membuka kunci perangkat sobat tanpa perlu fitur Face ID atau Touch ID. Sehingga kuat tidaknya Passcode sobat akan sangat berpengaruh untuk keamanan perangkat sobat.

Dengan munculnya fitur pembuka kunci seperti Touch ID dan Face ID, hidup sobat pasti akan sangat termudahkan. Dan dengan membuat Passcode perangkat sobat semakin kuat, sobat akan membuat orang lain semakin sulit mengutak-atik perangkat sobat tanpa seijin sobat.

Arahkan menuju Settings > Face ID & Passcode (atau Settings > Touch ID & Passcode, atau Settings > Passcode tergantung dari perangkat sobat) dan pilihlah Change Passcode. Ketika muncul pesang untuk Passcode baru, klik pada opsi Passcode pada bagian bawah layar. Di sana sobat pilih gunakan “Custom Alphanumeric Code” yang membuat Passcode sobat mendukung huruf dan angka membuatnya semakin kuat.

3. Amankan Lock Screen sobat

Batasi informasi yang dimunculkan di Lock Screen perangkat sobat.

Lock Screen sobat dapat memberikan banyak informasi untuk orang lain. Jika sobat menerima SMS orang lain dapat melihatnya. Jika sobat meminta Siri untuk membaca pesan atau email sobat, maka akan dilakukan. Sobat bahkan bisa membalas pesan dan lain-lain di sana jika mau.

Baca juga : Cara Mematikan dan Menghapus History Siri di iPhone dan iPad

Karena sekarang sudah sangat mudah untuk membuka kunci iPhone atau iPad sobat, sangat tidak wajar untuk memberikan banyak informasi ketika perangkat sobat berada pada kondisi terkunci.

Arahkan ke Settings > Face ID & Passcode (atau Settings > Touch ID & Passcode, tergantung perangkat) dan matikan hal-hal yang sobat tidak ingin munculkan pada Lock Screen sobat.

Jika sobat ingin menyembunyikan notifikasi hingga perangkat sobat terbuka, sobat bisa lakukan di Settings > Notifications > Show Previews > When Unlocked. Fitur ini akan sangat berguna pada perangkat yang mendukung Face ID, karena sobat hanya perlu melihat pada perangkat sobat, dan notifikasi sobat akan muncul.

4. Tingkatkan keamanan dengan tidak mengakses atau membuka link yang mencurigakan

Sudah sangat jelas sih. Jangan klik link yang mencurigakan yang dikirim sama orang atau yang ada di website.

Contohnya sendiri pada Agustus 2019, peneliti dari Project Zero-nya Google mengumumkan bahwa mereka menemukan website yang celah keamanan iOS untuk menginstall spyware di perangkatnya. Meskipun celah tersebut sudah ditutup oleh Apple, tetapi estimasi terdapat ribuat perangkat yang menjadi korban.

Kalau mau dibilang sih, susah untuk membedakan website atau link mana yang mencurigakan. Tetapi sangat disarankan untuk sobat agar tetap waspada sebelum menekan atau mengakses website manapun yang dikirimkan ke sobat lewat media pesan atau email.

5. Pastikan fitur “Find My” aktif

selalu pastikan fitur Find My selalu aktif di iPhone dan iPad sobat.

Ini adalah salah satu fitur yang wajib untuk sobat pengguna ponsel pintar. Untuk perangkat iPhone atau iPad, fitur ini tidak hanya dapat melacak lokasi perangkat sobat, tetapi juga bisa mengunci perangkat sobat, dan juga menghapus semua data sobat yang ada (jika memang sudah sangat darurat).

Bisa dibilang fitur ini merupakan cara terakhir untuk melindungi perangkat sobat ketika sudah kecurian atau hilang, dan memang harusnya sudah menyala secara default. Tetapi, terkadang orang lupa mengaktifkannya kembali setelah perangkat sobat diperbaiki atau direstore.

Sobat bisa mengarahkan ke Settings > [nama sobat] > Find My dan pastikan fitur tersebut aktif. Untuk mengaksesnya jika ponsel sobat kecurian atau hilang bisa dengan login ke iCloud.com, dan klik pada Find My.

6. Hindari menggunakan Wi-Fi publik yang kurang aman

Pilih Ask to Join pada menu Auto Join Hotspot untuk memberitahu sobat ketika perangkat sobat ingin terkonesi ke Wi-Fi publik.

Terkadang ada orang yang tidak bertanggung jawab sengaja untuk mengaktifkan Wi-Fi untuk publik. Yang ketika sobat pakai untuk mengakses internet, orang tersebut dapat mengakses apa yang perangkat sobat lakukan ketika terhubung pada Wi-Fi tersebut.

Arahkan ke Settings > Wi-Fi kemudian klik pada menu Auto Join Hotspot. Lalu pilih pada Ask to Join, untuk memberitahu sobat ketika perangkat sobat ingin mencoba mengakses hotspot baru.

7. Meningkatkan keamanan dengan mengunakan VPN

meningkatkan keamanan dengan memakai VPN di perangkat sobat.

Dengan menggunakan VPN dari penyedia jasa VPN ternama, maka jaringan sobat akan dienkripsi ketika mengakses website yang sobat inginkan.

Nah jika sobat memakai VPN, maka ketika mengakses Wi-Fi publik maka sobat tidak perlu takut lagi data sobat dapat dilihat orang. Karena data yang terkirim dan diterima perangkat sobat akan dienkripsi sehingga hampir mustahil untuk dilihat orang lain.

8. Meningkatkan keamanan dengan tidak melakukan Jailbreak pada iPhone sobat

Jailbreak ini sendiri seumpama seperti root pada Android. Di mana memasang firmware yang sudah termodifikasi agar perangkat iPhone sobat dapat mengakses sesuatu yang dibatasi dari Apple.

Dengan sobat melakukan Jailbreak, sobat bisa memasang aplikasi pihak ketika, dan dapat menggunakan akses root di sistem operasi sobat.

Tetapi, hal inilah yang membuat perangkat sobat berada pada status yang rentan. Karena dengan Jailbreak sobat dapat menginstall aplikasi di luar App Store, yang aman tidaknya tidak sobat ketahui.

Selain itu aplikasi seperti dari perbankan tidak akan bisa sobat akses ketika perangkat sobat di Jailbreak, sama juga seperti Android yang ter-root. Dan juga garansi iPhone sobat akan hangus jika sobat melakukan Jailbreak.

9. Hati-hati dalam memberikan sebuah aplikasi sebuah hak untuk mengakses sesuatu

berikan ijin hanya sekali untuk aplikasi dalam mengakses sesuatu.

Hampir semua aplikasi baik itu iPhone maupun Android yang biasanya akan meminta hak untuk mengakses sesuatu seperti lokasi sobat, kontak, foto, file, kamera, bluetooth, dan lain-lain.

Sobat tentunya dapat menolak permintaan tersebut, tetapi biasanya aplikasi yang sobat tolak, tidak akan bekerja dengan baik karena hak yang diperlukan tidak bisa diakses sama sekali.

Maka dari itu, sobat harus berhati-hati dalam memberikan hak untuk sebuah aplikasi mengakses sesuatu. Pastikan aplikasi tersebut memang aman dan terpercaya dan sobat dapatnya dari App Store. Sobat juga bisa memberikan akses hanya sekali untuk aplikasi di iPhone atau iPad seperti gambar di atas.

10. Secara teratur periksa Privacy Settings sobat

selalu periksa secara teraktur aplikasi sobat beri ijin untuk mengakses sesuatu.

Ketika sobat mengijinkan sebuah aplikasi untuk mengakses sesuatu, sobat bisa saja lupa bahwa sobat melakukannya.

Sobat bisa mengarah ke Settings > Privacy untuk melihat aplikasi yang sobat ijinkan aksesnya.

Juga bisa dengan mengakses Settings sobat bisa scroll ke bawah sampai sobat ketemu dengan aplikasi yang ingin sobat periksa dan melihat semua akses yang sobat ijinkan pada satu layar. Seperti gambar di atas.

Kesimpulan

Meningkatkan keamanan sobat merupakan sesuatu yang sangat penting dan wajib sobat lakukan. Dengan keamanan yang meningkat sobat dapat menghindari hal yang tidak diinginkan, yang dapat membuat sobat semakin merugi. Dengan langkah-langkah di atas sobat dapat menjaga perangkah iPhone dan iPad sobat tetap aman.

Sekian artikel saya sampai di sini, saya harap artikel saya dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya.

Author: Shidosan

Sole owner and writer of shidoblog.com. By the way, a webnovel titled Second Coming of Gluttony is really good, you guys should read it as well.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *